Sabtu, 21 September 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Keluarga Ipda M Sigalingging, Korban Aksi Terorisme di Mapoldasu Tahun 2017 Lalu Terima Kompensasi dari LPSK

Keluarga Ipda M Sigalingging, Korban Aksi Terorisme di Mapoldasu Tahun 2017 Lalu Terima Kompensasi dari LPSK

Jumat, 14 September 2018 21:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Keluarga Ipda (anumerta) Martua Sigalingging, personil Polda Sumut (Poldasu) yang menjadi korban aksi terorisme pada 2017 lalu menerima kompensasi sebesar Rp 610 juta dari negara. Kompensasi itu diserahkan oleh Wakil Ketua LPSK, Lili Pintauli Siregar kepada istri korban, Mianna Manalu di Mapolda Sumut (Mapoldasu), Jumat (14/09/2018).
 
“Keluarga korban sudah mendapatkan putusan pengadilan mendapatkan kompensasi Rp 610 juta dan senilai itu kita berikan.Tidak hanya kompensasi berupa uang, keluarga korban juga mendapat layanan psikososial. Selain itu, LPSK juga menjembatani permintaan keluarga kepada Pemerintah Kota Padang Sidempuan, agar anak-anak korban dibebaskan dari biaya pendidikan.Lalu, permintaan untuk menjadi anggota Polri, ini kan telah diberikan. Itu anaknya si James sedang menjalani pendidikan,” papar Lili selaku Divisi Pemenuhan Hak Saksi dan Korban LPSK. 
 
Mengenai permintaan bantuan modal, kata Lili, Mianna sudah berdagang sebelum suaminya meninggal dunia. Karena itu, dia perlu pelatihan untuk mengembangkan usahanya.
Sebelumnya, LPSK juga telah memfasilitasi saksi korban saat perkara terorisme itu disidangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Mereka menjemput dan membawa keluarga korban dari Kota Padang Sidempuan dan menghadirkannya ke ruang sidang dan memberikan keamanan sampai kembali ke rumahnya.
 
Pemberian kompensasi kepada keluarga korban ini merupakan amanat UU No 31 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU No 2006 tentang Perlindungan Saksi dan Korban. Bukan hanya terhadap korban tindak pidana terorisme, kompensasi ini juga berlaku pada korban tindak pidana umum lainnya. Khusus untuk korban tindak pidana terorisme, kompensasi juga diatur dalam UU Terorisme No 5 Tahun 2018.
 
LPSK mendapat mandat dari UU untuk menghitung nilai kerugian berdasarkan masukan para korban. Permintaan kompensasi itu bisa berbentuk materi bisa immateri, meski para korban umumnya mengakumulasikan dalam bentuk uang. Kompensasi itu kemudian diputuskan pengadilan. “Karena diamanatkan UU, maka kemudian LPSK memberikan memfasilitasi dan memberikan sejumlah hak,” jelas Lili.
 
Mianna yang menerima kompensasi menyampaikan terima kasih.  “Anak-anak masih kecil-kecil, semua masih sekolah. Saya mengucapkan berterima kasih banyak kepada semua yang ada di sini,” ucapnya sambil terisak.
 
Ipda (anumerta) Martua Sigalingging, merupakan korban meninggal dalam aksi terorisme di Poldasu, Minggu (25/06/2017) sekitar pukul 03.00 WIB. Dia diserang dua pelaku dengan senjata tajam saat istirahat di pos penjagaan pintu keluar Mapoldasu. Seorang pelaku ditembak mati, seorang lagi kritis.(BS04)
T#g:Ipda M SigalinggingLPSKMapoldasuPoldasuTerorteroris
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 7 hari lalu

    Poldasu Periksa Ajudan Wali Kota Terkait OTT Kasus Pungli di BPKAD Pematang Siantar

    Beritasumut.com-Rilan, yang disebut sebagai ajudan Wali Kota Pematang Siantar diperiksa Penyidik Subdit III/Tipidkor Direktorat Reserse Kriminal Kh

  • 2 minggu lalu

    Jadi Salah Satu Obvitnas, Polda Sumut Lakukan Mou dengan PT Inalum

    Beritasumut.com-Polda Sumut melakukan Penandatanganan Kesepahaman Bersama (Mou) dengan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Persero di Aula Tribr

  • 3 minggu lalu

    Demo Masih Berlangsung, Polda Sumut Kirim 500 Personel Brimob ke Papua

    Beritasumut.com-Gelombang aksi demonstrasi masih terus dilakukan oleh mahasiswa dan rakyat di Papua.Guna membantu upaya pemulihan di Papua, Kepolis

  • 4 minggu lalu

    Dirlantas Poldasu Kini Dijabat Kombes Pol Kemas Ahmad Yani

    Beritasumut.com-Kombes Pol Kemas Ahmad Yani resmi menjabat sebagai Direktur Lalulintas Polda Sumatera Utara (Poldasu) menggantikan Kombes Pol Yuli

  • 4 minggu lalu

    TNI-SAF Selenggarakan Latma Counter Terrorism Command Post Exercise Tahun 2019

    Beritasumut.com-Paban VII/Sops TNI, Kolonel Inf Achmad Budi Handoyo, bersama Head of Singapore Armed Forces (SAF) Combined Ops Group (COG), Kolonel

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.