Peristiwa

Kekerasan Terhadap Anak Kebanyakan Dilakukan Orang Terdekat

Kekerasan Terhadap Anak Kebanyakan Dilakukan Orang Terdekat
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Sebanyak 833 orang (74 persen) dari 1.100 anak di Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang mengaku pernah mengalami kekerasan fisik seperti dipukul, dicubit, ditumbuk dan dihukum di kelas. 
Adapun kekerasan psikis yang dialami adalah dimarahi, dicubit, dibully dan diejek. Sedangkan kekerasan seksual yang dialami anak seperti pelecehan seksual.
 
Direktur Eksekutif Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA, Keumala Dewi, menjelaskan, dari 1.100 orang anak yang mereka wawancarai (528 orang laki-laki dan 572 orang perempuan) di Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang, menemukan bahwa jumlah anak yang mengalami kekerasan masih tinggi.
 
“Penelitian ini menjelaskan kembali bahwa pelaku kekerasan terhadap anak umumnya adalah orang-orang di sekitar anak atau orang yang terdekat dengan anak seperti teman, ibu, ayah, guru dan abang,” ujar Keumala Dewi, di Medan, Rabu (04/04/2018). 
 
Sebelumnya, Misran Lubis, yang menjadi koordinator penelitian tersebut, menyampaikan bahwa Yayasan PKPA bersama Komite Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (KPATBM) dan Forum Anak Kelurahan Deli Tua, Forum Anak Kelurahan Aur dan Forum Anak Desa Kolam, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, atas dukungan Asian Community Trust (ACT) Japan, Desember 2017-Februari 2018 melakukan penelitian partisipatif berjudul Situasi Anak yang Berhadapan dengan Hukum di Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang. 
 
“Pewawancara penelitian ini anak-anak dari Forum Anak, orang dewasa dari PKPA dan KPATBM adalah pendamping. Penelitian ini merupakan bagian dari upaya PKPA untuk membuka ruang partisipasi bagi anak agar mereka memahami situasi anak di lingkungannya,” ujar Misran Lubis. 
 
Menurut Misran Lubis dari 1.100 responden penelitian tersebut, sebanyak 320 anak bersekolah di tingkat sekolah dasar, 465 anak tingkat sekolah menengah pertama dan 315 anak tingkat sekolah menengah atas.(BS06)