Jumat, 23 Februari 2018
  • Home
  • Peristiwa
  • Kecam Pemakaian Pukat Harimau, Ribuan Nelayan Tradisional Unjuk Rasa ke Kantor DPRD Sumut
pilkada beritasumut.com

Kecam Pemakaian Pukat Harimau, Ribuan Nelayan Tradisional Unjuk Rasa ke Kantor DPRD Sumut

Senin, 05 Februari 2018 20:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS08
Beritasumut.com-Pemakaian Pukat Harimau dalam meraup hasil laut di Indonesia masih menjadi permasalahan yang dihadapi oleh nelayan tradisional di Sumatera Utara (Sumut). Kesabaran para nelayan selama ini tak tertahankan lagi. Hingga puncaknya, pada Senin (05/02/2018), sekitar seribu nelayan yang merupakan Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KTNI) dari berbagai daerah di Sumut melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor DPRD Sumatera Utara, Medan, Senin (05/02/2018).
 
Para nelayan yang melakukan aksi ini meminta anggota Dewan agar melarang dan membersihkan penggunaan pukat harimau yang dilakukan di laut. Mereka berasal dari wilayah Langkat, Serdang Bedagai, Belawan, Asahan, Batubara dan Tanjung balai.
 
Ketua aksi KNTI, Syawaluddin mengatakan unjuk rasa yang dilakukan agar pemerintah Sumut mengeluarkan kebijakan tegas supaya pukat harimau tidak lagi ada di laut. “Kami meminta agar pemerintah Sumut untuk membersihkan pukat-pukat yang ada di laut karena merugikan para nelayan tradisional seperti kami,” ungkap Syawaluddin.
 
Syawaluddin menuturkan, pukat harimau yang tersebar di laut oleh para pengusaha juga dapat merusak biota laut. “Kami juga mempertanyakan Peraturan Menteri No 71. Kan sudah dijelaskan, ada sembilan pukat yang dilarang, namun kenapa kenyataannya tidak ada pelarangan,” jelas Syawal dalam orasinya. 
 
Suasana di DPRD Sumatera Utara begitu ramai dan padat. Nelayan yang turun ke jalan teriak-teriak sembari membentangkan spanduk dan poster kecaman.(BS08)
 
T#g:DPRD SumutdemonstrasiKTNIKelautanNelayanpukat harimauPukat TrawlTradisional
ceritasumut.com
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Wacana Pembentukan Tim Penanggulangan dan Pencegahan Konflik Nelayan Mencuat

    Beritasumut.com-Konflik horizontal masyarakat nelayan yang akhir-akhir ini kian memanas di Provinsi Sumut, pasca terbitnya Permen KP No 71/2016 har

  • 3 hari lalu

    Cegah Konflik Horizontal Melebar, Diskanla Sumut Fasilitasi Pertemuan Nelayan

    Beritasumut.com-Konflik Horizontal antar sesama nelayan di Provinsi Sumatera Utara buntut terbitnya PermenKP No:71/2016 dikhawatirkan kian melebar.

  • 4 hari lalu

    Gubernur Sumut Resmikan Gedung Karantina Ikan Sistem X-Ray Pertama di Indonesia

    Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir HT Erry Nuradi MSi, meresmikan Gedung Layanan Pemeriksaan Fisik serta Launching Modernisasi S

  • 4 hari lalu

    Nelayan Ikan Teri Mengadu ke Djarot Saiful Hidayat

    Beritasumut.com-Perwakilan Himpunan Nelayan Teri Indonesia (HNTERI) Kota Medan bersama sejumlah himpunan nelayan di Sumut menyampaikan keluh kesah

  • satu minggu lalu

    Ratusan Nelayan Demo Kantor Bupati Deli Serdang

    Beritasumut.com-Ratusan nelayan yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Nelayan Deli Serdang (Aman Dendang) demo di Kantor Bupati Deli Serdang pada

  • Copyright © 2010 - 2018 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.