Rabu, 11 Desember 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Kebersamaan Ulama dan Umara Harus Terjaga Hadapi Kemajuan Zaman

Kebersamaan Ulama dan Umara Harus Terjaga Hadapi Kemajuan Zaman

Selasa, 21 Juni 2016 21:19:00
BAGIKAN:
Beritasumut.com/Ist
MUI

Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi MSi mengungkapkan kebersamaan ulama dan umara harus tetap dijaga di tengah kemajuan zaman dan tantangan pembangunan yang semakin kompleks. Hal itu disampaikan Gubernur Buka Puasa Bersama DP MUI Provinsi Sumatera Utara bersama para ulama, zu’ama dan cendikiawan muslim di Sekretariat MUI Sumut, Sealas Medan (21/06/2016).

Hadir dalam kesempatan itu Ketua MUI Sumut Prof DR H Abdullah Syah, MA, Ketua Dewan Pertimbangan MUI Sumut Prof DR HM Yasir Nasution, unsur FKPD Sumut, Rektor Univa Prof Basyarudin, Ketua NU Drs H Afifuddin Lubis MSi, Ketua Muhammadiyah Prof DR Hasyim Syah dan Ketua Alwashliyah Prof DR Syaiful Akhyar.

“Perlu kerjasama antara ulama dan umara, karena keduanya memiliki tanggungjawab besar dalam membangun kemaslahatan, khususnya dalam membina dan mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia, baik kualitas Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, maupun kualitas keimanan dan ketakwaan,” ujar Erry Nuradi.

Lebih jauh Erry mengatakan, peran para ulama dan seluruh komponen kemasyarakatan umat Islam telah memberi kontribusi yang besar dan signifikan dalam pembangunan bangsa yang sejahtera dan bermartabat. Menurutnya, para ulama dan seluruh komponen keagamaan memiliki kekuatan dalam membangkitkan semangat keislaman umat islam yang merupakan bagian terbesar dari bangsa.

“Ulama yang terus mendorong umat agar tetap menerapkan syariah dengan berpegang tegh kepada Alquran dan hadist sebagai rujukan utama. Ini yang akan melahirkan sikap masyarakat yang arif dan matang dalam merespon segala fenomena yang berkembang,”ujarnya.

Erry menambahkan, munculnya berbagai permaslahan sosial akhir-akhir ini tidak terlepas dari indikasi makin menipisnya rasa kemanusiaan dan kepedulian sesama. Oleh karenanya persoalan ini bisa ditangkal dengan terus meningkatkan keimanan, mempererat silahturahim sekaligus mempererat rasa kemanusiaan, keteladanan dan akhlakul karimah di tengah umat.

Sementara itu, Ketua MUI Sumut Prof Abdullah Syah mengatakan Ramadhan berlari cepat, akan meninggalkan kita. Kesempatan yang baik sangat berharga sebaiknya dimanfaatkan seluruh umat Islam, karena Ramadhan hanya diberikan hanya kepada umat Muhammad. Acara buka bersama di mana ulama dan umaro berkumpul menurut Abdullah Syah merupakan cerminan kerjasama yang baik antara kedua kelompok itu. “Kerjasama yang baik tetap kita bina dan pertahankan agar Sumut menjadi baik, dan umat Islam menjadi lebih baik,” ujarnya.

Buka puasa bersama tersebut menurut Ketua MUI merupakan tradisi MUI dalam upaya menguatkan silahturahim antara MUI dengan para ulama, tokoh masyarakat, pemerintah dan cendikia.

“Dengan modal kerjasama yang baik, program yang dilaksanakan ke depan diharapkan lebih baik lagi,” kata Abdullah Syah. Acara buka puasa diawali dengan pembacaan ayat suci alquran dan dilanjutkan dengan tausiyah oleh Prof Ramli Abdul Wahid. (BS03)

 

T#g:Gubsu
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 18 jam lalu

    Panen Padi di Simalungun, Gubernur Minta Tidak Ada IMB di Lahan Pertanian

    Beritasumut.com–Pemerintah Kabupaten/Kota diharapkan dapat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dalam upaya

  • 6 hari lalu

    Di Sumut Banyak Kerajinan, Wagubsu Apresiasi Gelaran Eco Fashion Week Indonesia 2019

    Beritasumut.com-Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah mengapresiasi Eco Fashion Week Indonesia 2019 yang diadakan Kementerian Desa

  • satu bulan lalu

    Hattrick, Solahuddin Kembali Pimpin Asita Sumut, Wagub Harapkan Sinergi Kembangkan Pariwisata

    Beritasumut.com–Solahuddin Nasution kembali dilantik menjadi Ketua DPD Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sumut untuk pe

  • satu bulan lalu

    Coalition for Sustainable Livelihoods 2019, Wagub: Upaya Konservasi Harus Dilakukan Bersama

    Beritasumut.com–Upaya konservasi lingkungan harus dilakukan secara bersama-sama dan bersinergi semua kelompok, baik pemerintah, swasta, masya

  • satu bulan lalu

    E-Paspor Diluncurkan, Wagub Sumut Minta Layanan Keimigrasian Ditingkatkan

    Beritasumut.com–Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah meresmikan peluncuran Paspor Elektronik (e-Paspor), di Kantor Im

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.