Peristiwa

Kebakaran di Gunung Raung, 13 Pendaki Dievakuasi


Kebakaran di Gunung Raung, 13 Pendaki Dievakuasi
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Hutan di Gunung Raung, Jawa Timur dilaporkan terbakar pada Jumat (04/10/2019) pukul 18.00 WIB. Karenanya, sebanyak 13 orang pendaki yang terdiri dari 7 WNA Singapura, dan 6 WNI yang terdiri dari 2 porter, 2 guide, 1 mahasiswa dan 1 karyawan swasta terjebak di camp 9 karena tidak bisa turun.
 
Adapun ke 13 pendaki tersebut, masing-masing bernama, Pak Widi (Lk) warga Kalibaru Banyuwangi, Sam (Lk) warga Kalibaru Banyuwangi, Sinyo gimbal (Lk) warga Kalibaru Banyuwangi, Pak Putri (Lk) warga Kalibaru Banyuwangi, Lutfi Sofian (23/Lk) mahasiswa, warga Wirowongso Jember, Felisianus Jeremy (35/Lk) karyawan swasta warga Kelapa Gading Jakarta Utara.
 
Kemudian Ng Hui-Lin (23/Pr), Kom Jun Wei (25/Lk), Shervon Ong (24/Pr), Teo Yi Xian (24/Lk), Pang Jia Hui (25/Lk), Beh Ing Tsyr (23/Pr) dan Chua Ying Jie (27/Lk) yang keseluruhannya merupakan WNA Singapura.
 
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo mengatakan, tim SAR Gabungan dari BPBD Banyuwangi, BPBD Bondowoso, BPBD Jember, BASARNAS, TNI/POLRI serta relawan telah menuju lokasi kebakaran guna melakukan evakuasi terhadap pendaki dan melakukan droping logistik serta membuat sekat bakar.
 
"Sejak pukul 22.00 WIB, sebanyak 25 orang telah naik untuk melakukan pemadaman dan evakuasi korban," ungkapnya kepada wartawan, Sabtu (05/10/2019).
 
Namun perkembangan titik api saat ini, lanjutnya, telah merambat ke lokasi lain. Sedangkan para pendaki saat ini sudah berada di camp 4 menunggu kiriman logistik.
 
"Jalur pendakian sudah diamankan dari kebakaran. Diharapkan ke 13 pendaki dapat dievakuasi secepatnya," pungkasnya.(BS04)

 


Tag:Erupsievakuasi pendaki gunung raungkebakaran di Gunung Raung