Kamis, 14 November 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Kebakaran Hutan Meluas, 25 Rumah Hangus Terbakar di Madina

Kebakaran Hutan Meluas, 25 Rumah Hangus Terbakar di Madina

Rabu, 19 Februari 2014 22:26:00
BAGIKAN:
Terlihat puing-puing rumah warga yang terbakar. (M Saima Putra)
Panyabungan, (beritasumut.com) – Kebakaran hutan di wilayah Pantai Barat Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara (Sumut), terus meluas hingga ke pemukiman warga. Akibatnya sebanyak 25 rumah warga terbakar di wilayah Kecamatan Muara Batang Gadis.

Sekrataris Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Madina Zulkhairi mengatakan, sampai hari ini sudah 25 rumah penduduk di Kecamatan Muara Batang Gadis Madina yang terbakar akibat meluasnya kebakaran hutan ke wilayah pemukiman penduduk.

“Memang benar, pada Ahad malam api mulai masuk ke pemukiman penduduk. Sampai sekarang sudah ada sebanyak 25 rumah warga yang hangus terbakar akibat meluasnya kebakaran hutan tersebut,” ujarnya di Panyabungan, di ruang kerjanya, Selasa (18/2/2014).

Ditamabhkan, titik api sangat sulit untuk diperediksi sebab wilayah tersebut merupakan lahan gambut sehingga menyulitkan memadamkan api. Namun BPBD terus melakukan pemantauan di lapangan untuk meminimalisir kebakaran pemukiman warga.

“Sampai saat ini mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik BPBD Mandailing Natal masih terus kita tempatkan di wilayah Kecamatan Muara Batang Gadis, untuk mengantisipasi meluasnya kebakaran ke pemukiman penduduk. BPBD Madina saat ini  telah membuat nota dinas kepada Plt Bupati Mandailing Natal tentang kebakaran hutan yang sudah meluas ke areal pemukiman warga untuk ditetapkan sebagai siaga darurat,” imbuhnya.

Meski armada damkar BPBD Madina sekarang ini ditempatkan di Kecamatan Muara Natang Gadis, namun akibat lahan yang terbakar merupakan gambut mobil damkar sangat sulit untuk masuk ke lokasi. Untuk itu Plt Bupati Madina telah setuju mentetapkan sebagai siaga darurat kebakaran mulai Selasa (18/2/2014) dan Pemkan Madina akan meminta bantuan kepada Pemerintah Orovinsi Sumut untuk membantu memadamkan api, terang Zulkhairi.

Sementara itu, Camat Muara Batang Gadis Zulham Efendi yang dihubungi melalui telepon membenarkan adanya rumah warga yang terbakar akibat dari meluasnya kebakaran hutan dan perkebunan di wilayah Kecamatan Muara Batang Gadis.

“Benar ada rumah warga yang terbakar akibat kebakaran hutan tepatnya di SP I dan SP II. Namun sekarang ini api sudah mulai padam. Petugas kita di lapangan bekerjasama dengan BPBD Madina untuk mencegah meluasnya kebakaran. Maklum lokasi lahan gambut sehingga susah untuk memperediksi terjadinya kebakaran,” sebutnya.

Anggota DPRD Madina Ilyas Iswadi menanggapi kebakaran yang terjadi di daerah pantai barat yang sudah menghanguskan rumah warga, berharap pemerintah secepatnya mengambil tindakan.

“Kita berharap pemerintah merelokasi pemukiman warga yang terbakar. Kita cukup prihatin dengan kejadian ini, kita jangan dulu mencari siapa yang salah, lebih dulu kita mencari solusi bagaimana agar tidak ada lagi korban yang rumahnya terbakar,” paparnya.

Pemerintah juga diharapkan memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya terbakar agar beban warga berkurang, pungkasnya. (BS-026)
T#g:
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Diusir Anaknya, Wanita Lansia Minta Polisi Antarkan ke Panti Jompo

    Beritasumut.com-Sepertinya peribahasa surga di bawah telapak kaki ibu, tidak bermakna bagi anak Nek Rosliana alias Uni (67) warga Dusun I, Desa Bakara

  • 3 tahun lalu

    Wujudkan Medan Rumah Kita, Medan Review Rencana Strategis Pendidikan

    Beritasumut.com-Dinas Pendidikan dan Bappeda melakukan review rencana strategis (renstra) pendidikan Kota Medan tahun 2016-2020. Review bertujuan meng

  • 3 tahun lalu

    Jumat Besok, Rumah Sakit USU Gelar Pemeriksaan EKG Gratis

    Beritasumut.com-Salah satu penyakit jantung adalah fibrilasi atrium yang terjadi akibat gangguan sinyal listrik pada serambi jantung sehingga bergetar

  • 3 tahun lalu

    Saksi Pelapor Sakit Tak Bisa Bicara, Bupati Madina untuk Sementara Aman

    Beritasumut.com-Bupati Mandailing Natal (Madina) Dahlan Hasan Nasution untuk sementara 'aman'.Pasalnya, Penyidik Subdit II/Harta Benda, Bang

  • 3 tahun lalu

    Empat Daerah di Sumut Belum Ambil Vaksin Meningitis untuk Calon Jamaah Haji

    Beritasumut.com-Kepala Bidang Bina Pengendalian Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Sumut), dr NG Hikmet mengaku, hingga saat ini hanya

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.