Rabu, 13 November 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Kasus Kivlan Zen, Mabes TNI Bentuk Tim Bantuan Hukum

Kasus Kivlan Zen, Mabes TNI Bentuk Tim Bantuan Hukum

Senin, 22 Juli 2019 21:10:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Kapuspen TNI Sisriadi
Beritasumut.com-Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) akan membentuk Tim Bantuan Hukum yang akan bekerjasama dengan Tim Penasehat Hukum Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen. Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen TNI Sisriadi di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (22/07/2019).
 
Kapuspen TNI menuturkan bahwa pembentukan Tim Bantuan Hukum untuk Kivlan Zen berdasarkan tindak lanjut dari Tim Penasehat Hukum Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen yang telah mengajukan surat permohonan kepada Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto SIP beberapa waktu lalu. “Isi dari surat tersebut mengajukan dua permohonan yaitu permohonan penjaminan penangguhan penahanan dan permohonan bantuan hukum bagi Kivlan Zen,” katanya. 
 
Kapuspen TNI menjelaskan bahwa setelah berkoordinasi dengan Menteri-Menteri Bidang Polhukam, permohonan penjaminan untuk penangguhan penahanan terhadap Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen tidak diberikan. “Namun demikian, permohonan bantuan hukum akan diberikan,” ucapnya.
 
Menurut Mayjen TNI Sisriadi, bantuan hukum tersebut merupakan hak bagi seluruh anggota keluarga besar TNI termasuk Purnawirawan. “Hal itu diatur dalam Petunjuk Teknis tentang Bantuan Hukum Pidana yang diatur dalam Keputusan Panglima TNI nomor Kep/1447/XII/2018,” ungkapnya.
 
Perlu dipahami bahwa bantuan hukum yang diberikan sifatnya advokasi dan pendampingan sesuai ketentuan hukum acara pidana yang berlaku. “Artinya, bantuan hukum kepada Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen tidak hanya pada saat Praperadilan saja, namun juga selama proses hukum berlangsung sampai adanya keputusan hukum yang bersifat tetap,” pungkasnya. (Rel)
T#g:Bantuan HukumDugaan MakarKivlan ZenMabes TNI
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Bupati Cup III, Karateka Armed 12 Ukir Prestasi

    Beritasumut.com-Serda Yaser Bahtian berhasil menduduki peringkat satu di kejuaraan Karate piala Bupati Ngawi III tahun ini.   Selain S

  • 2 hari lalu

    Peringati Hari Pahlawan, Mabes TNI Upacara

    Beritasumut.com-Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Mabes TNI melaksanakan upacara bendera dan mengheningkan cipta peringatan Hari Pahl

  • 4 hari lalu

    Cek Kesiapan Tugas, Tim Riksiapops Mabes TNI Kunjungi Yonif 133/YS

    Beritasumut.com-Batalyon Infanteri Yonif 133/YS menerima kunjungan dari Tim Riksiap Ops Mabes TNI yang dipimpin oleh Waasops Panglima TNI Marsma TN

  • 4 hari lalu

    Tanamkan Cinta Tanah Air, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 514 Ajarkan Lagu-Lagu Nasional

    Beritasumut.com-Dalam rangka menanamkan cinta Tanah Air sejak dini,  prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 514/SY Kostrad mengajarkan lag

  • 6 hari lalu

    Struktur Organisasi TNI, Ada Jabatan Wakil Panglima TNI

    Beritasumut.com-Dengan pertimbangan bahwa  Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi Teutara Nasional lndonesia (TNI)

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.