Peristiwa

Karnaval Kemerdekaan, Jalan Nasional Balige Akan Ditutup


Karnaval Kemerdekaan, Jalan Nasional Balige Akan Ditutup
BERITASUMUT.COM/IST
Jalan Nasional di Balige
Beritasumut.com-Selama pelaksanaan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016,Jalan Nasional sepanjang 3,5 Km, mulai dari Soposurung hingga Simpang Sibulele, Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), akan ditutup Minggu (21/08/2016) mulai pukul 10.00 WIB.
 
“Jalan Nasional sudah ditutup mulai pukul pukul 10.00 WIB pagi. Diperkirakan akan dibuka setelah acara selesai yang diperkirakan pukul 18.00 WIB,” tutur Kepala Dinas Perhubungan dan Informatika Tobasa Ir Pargaulan Sianipar dilansir dari laman resmi tobasamosirkab.go.id, Sabtu (20/08/2016).
 
Meski ditutup, Pargaulan menjelaskan ada dua jalan alternatif. Jalur pertama khusus pengendara dari arah Medan menuju Tarutung, dialihkan dari Simpang Sibulele (sebelah kiri), terus, masuk Jalan Onan Sampang (Jalan Serma Muda Simanjuntak) ke arah Paindoan, lalu masuk Jalan Uma Rihit, tembus ke Jalan Gereja.Lalu membelok ke kiri Jalan Aek Bolon, lalu belok ke kanan masuk Jalan Sianipar menuju Soposurung, kemudian masuk ke Jalan Silalahi dan keluar dari simpang Jalan Op Tuan Ujur.
 
Jalur dua untuk pengendara dari Tarutung–Medan, masuk dari Jalan Jalan Gereja Hinalang, menuju Jalan Pemandian Lumban Silintong. Kemudian masuk ke Jalan Bukit Barisan (Dermaga Balige) hingga ke komplek tanah lapang Sisingamangaraja, terus masuk ke sebelah kiri Jalan Desa Hauma Bange, terus menuju Jalan Desa Lumban Bulbul, dan keluar kejalan Nasional Simpang Sibulele.
 
“Perlu di ingat, yang bisa melintas jalur alternatif tersebut hanya kendaraan roda dua, mobil kecil, seperti mobil pribadi, dan Bus L 300. Untuk mobil bus besar, Coltdiesel, dan truk jenis lainnya tidak diperbolehkan masuk jalur alternatif,” kata Pargaulan.
 
Untuk itu, diharapkan semua pihak paham situasi ini. Masing-masing stakeholder bisa mengerti bahwa kegiatan ini momen besar untuk kemajuan pariwisata Danau Toba khususnya di Tobasa. Ini promosi tingkat Nasional,” pungkasnya. (BS02)
 

Tag:karnaval kemerdekaan