Selasa, 12 November 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Kapolrestabes Medan Ingatkan Personel untuk Selalu Jaga Harkamtibmas

Kapolrestabes Medan Ingatkan Personel untuk Selalu Jaga Harkamtibmas

Senin, 14 Oktober 2019 17:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS04
Beritasumut.com-Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto senantiasa mengingatkan para personelnya untuk selalu menjaga Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) sebagai bagian dari tugas pokok kepolisian. "Harus tahu tugas pokok personel untuk senantiasa mengamankan harkamtibmas," ucap Kombes Dadang Hartanto memimpin Apel, sekaligus mengecek kelengkapan personel di Lapangan Apel Mapolrestabes Medan, Senin (14/10/2019). 
 
Dalam arahannya, Kapolrestabes Medan Kombes Dadang mengatakan, personel melaksanakan apel dengan menggunakan atribut dan perlengkapan yang standar seorang anggota polisi umum. "Saya ingin kita memahami tugas pokok. Tugas pokok itu adalah mengelola keamanan, menjaga keamanan, meminta pengamanan mulai dari pengamanan perorangan, individu yang mungkin kategorisasinya orang biasa, VVIP. Maupun pengamanan kelompok, masyarakat, pengamanan objek, pengamanan tempat/wilayah, itu tugas pokok kita," tambahnya. 
 
Kata Kombes Dadang, cara mengamankannya mulai dari langkah langkah deteksi dini pre-emtif, preventif sampai dengan penegakan hukum. "Jadi saya ingatkan lagi tugas pokok kita adalah mengamankan harkamtibmas dalam tugas pokok Undang-Undang Nomor 2 tahun 2002, yaitu tugas pokok kita mulai dari harkamtibmas, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat. Sebenarnya itu dirangkai, adalah satu kata kuncinya saja, kalau melihat polisi maka orang akan berpikir aman," ujarnya.
 
Deteksi dini dibarengi dengan Pre-emtif, orang yang akan melakukan kejahatan dihimbau untuk tidak melakukan kejahatan dipengaruhi pikirannya, pandangannya sehingga orang niat yang semula akan melakukan kejahatan tidak terjadi. Jadi itu pada tataran niat. "Saya ingatkan kembali ini kepada rekan-rekan, ini pelajaran dasar kita ketika kita melaksanakan tugas sebagai seorang polisi," bebernya.
 
Dijelaskan Kapolrestabes Medan, Pre-emtif sasarannya adalah niat, kesadaran orang. Mindset/cara berpikir ini bagian dari niat akan melakukan kejahatan atau tidak. Mendukung polisi mulai dari dia tidak melakukan kejahatan, menghimbau orang lain untuk mematuhi hukum, hingga dapat memberikan kontribusi secara fisik untuk menjaga keamanan di lingkungannya. "Minimal kalau dia berangkat kerja mengunci pintu, mengunci jendela, titipkan kunci kepada tetangganya. Sampai yang profesional, pamswakarsa yaitu satpam. Itu fisik yang digunakan hingga orang mendukung polisi, mendukung keamanan dengan memberikan sejumlah materi karena kekurangan karena polisi dianggap perlu untuk melengkapi sarana prasarananya," terangnya memberi contoh.
 
Menurutnya, Pre - emtif itu mulai dari yang akan melawan kejahatan. "Baik secara lisan, fisik maupun materi, dilapis dengan kegiatan kepolisian yang bersifat preventif menjaga agar situasi yang berpotensi terjadi kerawanan dijaga secara fisik. Nampak di situ mulai dari kegiatan kepolisian preventif yang bersifat tertutup, soft, tidak kelihatan bersifat tertutup, pengamanan tertutup sampai menunjukkan identitasnya," paparnya.
 
Pengamanan bersifat tertutup, lanjut Kombers Dadang, tapi dia kelihatan melakukan pengamanan preventif, itu akan memberikan efek deteren. Efek pencegahan sampai menggunakan seragam, mulai dari seragam dinas juga akan menimbulkan efek pencegahan. Apabila melakukan ancaman atau melakukan langkah-langkah tindakan maka ada tahapan-tahapannya.
 
"Saya perlu mengingatkan ya karena kita semua sudah lupa hari ini untuk melakukan tugas kepolisian kita, baik mereka yang ada tugas di staf, maupun adanya tugas operasional. Dari penampilan saja sudah tidak siap, ya baik itu perwira maupun teman-teman Bintara yang langsung berhadapan dengan kerawanan itu. Senjata polisi yang paling ringan adalah yang pakai peluit," tandasnya. (BS04)
T#g:Dadang HartantoHarkamtibmasKapolrestabes MedanPolisi
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Hari Pahlawan, Kombes Dadang: Hargai Jasa Pahlawan Mempertahankan NKRI

    Beritasumut.com-Kapolrestabes Medan Kombes  Dadang Hartanto menegaskan, jasa  pahlawan banyak berperan untuk mempertahankan NKRI. Karena

  • 3 hari lalu

    Film Sang Prawira Premiere di Bioskop 28 Oktober Mendatang, Personil Kepolisian Jadi Bintang Film

    Beritasumut.com-Film Sang Prawira yang disutradarai Ponty Gea, bakal tayang serentak di Bioskop Indonesia XXI pada tanggal 28 November 2019 mendata

  • 7 hari lalu

    Kapolrestabes Medan Patroli Keliling, Wujudkan Kota Medan Aman dari Gangguan Preman

    Beritasumut.com-Demi mewujudkan wilayah Kota Medan yang aman dan kondusif dari gangguan premanisme, Polrestabes Medan bersama Kodim 0201/BS melakuk

  • satu minggu lalu

    Kapolrestabes Medan: Mahasiswa Harus Berkualitas untuk Indonesia Sejahtera

    Beritasumut.com-Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto menegaskan, mahasiswa harus berkualitas dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul da

  • satu minggu lalu

    Kapolrestabes Medan Sampaikan Pesan Kamtibmas Usai Subuh Berjamaah di Masjid AlMakmur Bromo

    Beritasumut.com-Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dr Dadang Hartanto menyampaikan pesan kamtibmas kepada masyarakat dan jamaah Masjid Al-Makmur Jalan

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.