Jumat, 18 Oktober 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Kapolda Sumut Rencanakan Pembangunan Pos Polisi di Pulau Asu Kabupaten Nias Barat

Kapolda Sumut Rencanakan Pembangunan Pos Polisi di Pulau Asu Kabupaten Nias Barat

Senin, 16 September 2019 23:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com–Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto berencana membangun pos polisi perairan dan udara di pulau terluar Nias, sebagai salah satu dukungan untuk pengembangan pariwisata di daerah kepulauan tersebut. Hal itu dikemukakan saat melakukan pengecekan kondisi masyarakat dan keamanan Pulau Asu, Kabupaten Nias Barat, akhir pekan kemarin.
 
“Kita akan mendirikan pos Polairud dan mendorong adanya puskesmas atau klinik kesehatan di pulau ini,” ujar Irjen Pol Agus, dilansir dari Tribratanews.sumut.polri.go.id, Senin (16/09/2019). Di pulau tersebut Kapolda dan para pejabat Polda mengecek kondisi masyarakat, pariwisata, keamanan serta potensi penyalahgunaan narkoba. Turut mendampingi Kapoldasu, Dir Pamobvit Kombes Heri Subiansuri, Dir Krimum Kombes Andi Rian, Dir Krimsus Kombes Roni Samtama dan Kabid Humas Kombes Tatan D Atmaja.
 
Pulau Asu terletak di kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara. Pulau ini termasuk dalam bagian Kepulauan Hinako dan merupakan salah satu pulau terluar di indonesia. Luas salah satu pulau dengan pemandangan terindah di Nias ini sekitar 18 kilometer persegi dan dihanya dihuni puluhan kepala keluarga. Setelah berdialog dengan warga setempat dan pengelola resort, Kapolda menerima aspirasi bahwa pengembangan pariwisata pulau itu masih membutuhkan berbagai aspek.
 
Terutama sarana yang berkaitan dengan infrastruktur, seperti jalan, pelabuhan hingga akses internet. Irjen Agus pun berjanji akan menyampaikan aspirasi tersebut kepada pemerintah pusat dan daerah. Ia akan berupaya mendirikan pos Polairud di pulau tersebut. Dan jika memungkinkan juga dilakukan pembangunan puskesmas atau klinik kesehatan.
 
Irjen Pol Agus optimistis keberadaan pos Polairud akan mampu mendukung pengembangan pariwisata di pulau tersebut. Itu karena faktor keamanan merupakan salah satu aspek penting dalam dunia pariwisata. “Semakin banyak wisatawan yang datang maka secara otomatis akan meningkatkan PAD dan ekonomi warga sekitar,” sambung Kapolda.
 
Sementara itu, pengelola resort di Pulau Asu, Steve menuturkan, kunjungan wisatawan biasanya terjadi pada April hingga September. Saat itu cuaca mendukung untuk beraktivitas di pantai hingga surfing. Dalam satu musim, kunjungan wisatawan ke pulau itu berkisar 120 orang. "Wisatawan ke sini berasal dari berbagai negara, seperti Amerika Latin, Australia, Jerman dan Italia. Dalam sekali kunjungan, mereka rata–rata berlibur sampai 10 hari menikmati beragam aktivitas di sana. Mulai dari menikmati pesona alam dan kenyamanan sampai surfing dan diving," tuturnya. (BS04)
T#g:Kapolda SumutNias Baratpos polisiPulau Asu
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Demo Buruh di Depan Kantor DPRD Sumut, Kapolda Borong Semua Dagangan Pedagang dan Bagikan ke Masyarakat

    Beritasumut.com–Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto mendatangi Gedung DPRD Sumut usai aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh buruh asal Medan

  • 2 minggu lalu

    Kapolda Sumut Umumkan Peningkatan 6 Fasilitas di RS Bhayangkara

    Beritasumut.com–Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto mengumumkan bahwa 6 fasilitas di RS Bhayangkara Medan dan Tebingtinggi akan ditingkatkan.

  • 2 minggu lalu

    Irup di SMAN 1 Medan, Wakapolda Sumut: Pelajar Harusnya Belajar

    Beritasumut.com-Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto berpesan kepada para pelajar di Sumt, khususnya di kota Medan agar fokus belaj

  • 4 minggu lalu

    Kapolda Sumut Ajak Masyarakat Jaga Kawasan Hutan dan Bibir Pantai di Sergai

    Beritasumut.com–Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto mengajak masyarakat untuk menjaga kawasan hutan dan bibir pantai dengan menan

  • satu bulan lalu

    Kapolda Sumut Tinjau Keamanan Pulau Asu di Nias Barat

    Beritasumut.com-Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Agus Andrianto dan rombongan melakukan pengecekan terhadap kondisi masyarakat dan keamanan

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.