Peristiwa

Kades di Balige Ingatkan Warga Jangan Berpura-pura Miskin Demi Bantuan Sosial


Kades di Balige Ingatkan Warga Jangan Berpura-pura Miskin Demi Bantuan Sosial
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Danner Tambunan, Kepala Desa (Kades) Tambunan Sunge di Kecamatan Balige, dengan tegas mengingatkan warganya supaya tetap menjaga kejujuran, jangan berbohong demi memperoleh bantuan sosial dari pemerintah.

“Jangan ada kita yang hadir di sini berpura-pura miskin karena adanya pandemi covid-19 ini. Kita ini adalah manusia yang kaya, kaya akan pikiran. Kita harus berpikir dan bekerja agar ekonomi kita jangan sampai benar-benar lumpuh,” kata Danner Tambunan di hadapan Wakil Bupati Toba, Hulman Sitorus, seperti dilansir dari laman tobasamosirkab.go.id, Minggu (31/05/2020).

Dalam kesempatan itu, Danner menyebutkan ada 42 keluarga di Desa Tambunan Sunge yang menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD) masing-masing Rp 600 ribu per bulan. "Nantinya warga akan menerima BLTDD itu selama tiga bulan," terangnya.

Sementara itu, sebelum ke Desa Tambunan Sunge, Wakil Bupati Toba juga sudah menyerahkan BLTDD kepada 22 keluarga di Desa Silalahi Pagar Batu, Kecamatan Balige.Wakil Bupati kemudian melanjutkan tugas lapangannya ke kantor pos Lumbanjulu untuk memonitor pencairan bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian Sosial. Di sana warga dengan teratur dan disiplin menunggu giliran untuk mendapatkan BST.

"Bantuan ini akan diberikan dalam jangka tiga bulan dengan total Rp1.800.000 per keluarga. Ada sebanyak 166 keluarga dari tujuh desa yang memperoleh bantuan dimaksud, yaitu Desa Aek Natolu Jaya, Sionggang Tengah, Sionggang Utara, Pasar Lumbanjulu, Lintong Julu, Jangga Toruan, dan Hutanamora," sebutnya.

Hulman Sitorus juga meninjau penyerahan BST tahap III di Kecamatan Ajibata. Ini merupakan penambahan jumlah penerima dari tahap I dan II. Pada tahap III ini terdapat 226 keluarga penerima BST dari Desa Parsaoran Sibisa, Desa Horsik, Desa Pardomuan Ajibata, Desa Pardamean Ajibata, dan Kelurahan Parsaoran Sibisa.

“Bantuan ini memang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari. Tapi kita harus memaknainya bahwa pemerintah turut hadir dan merasakan penderitaan yang dialami oleh masyarakat. Dan kehadiran kami di sini bukan hanya untuk membagikan bantuan, tapi kami ingin memastikan bahwa bantuan yang diserahkan sampai kepada orang yang tepat,” kata Hulman Sitorus.

Hulman juga mengingatkan masyarakat agar selalu mematuhi anjuran pemerintah untuk melakukan pola hidup sehat, menggunakan masker, serta mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas.(BS09)


Tag:BaligeBantuan SosialCOVID 19COVID-19COVID 19COVID-19Corona