Peristiwa

Kabut Asap Masuki Kota Medan, Wakil Wali Kota: Gunakan Masker Saat Keluar Rumah


Kabut Asap Masuki Kota Medan, Wakil Wali Kota: Gunakan Masker Saat Keluar Rumah
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Maraknya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang menghasilkan kabut asap mulai berdampak hingga Kota Medan. Untuk itu, warga Kota Medan diharapkan dapat menjaga kesehatan dengan cara mencegah tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak. Hal ini dilakukan guna meminimalisir menghirup udara yang kini sedang tidak sehat.
 
"Kota Medan juga sudah mulai tercemar kabut asap dari dampaknya karhutla ini. Saya berharap warga Medan dapat melindungi dan menjaga kesehatannya masing-masing. Kurangi aktivitas yang tidak terlalu penting, jika terpaksa keluar rumah, gunakan masker untuk mencegah asap tidak terhirup langsung," kata Wali Kota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Wakil Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si usai menghadiri Rapat Kordinasi Karhutla di Wilayah Sumut di Aula Raja Inal Kantor Gubsu Jalan Dipenogoro, Medan, Jumat (20/9).
 
Wakil Wali Kota juga mengingatkan bagi warga Kota Medan yang terkena imbas asap ini agar segera berobat ke puskesmas dan rumah sakit yang ada di Kota Medan. Dikatakannya, penyakit Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA) dan lainnya, akan terus meningkat seiring dengan kiriman asap dari daerah yang terdampak karhutla.
 
"Bagi warga Kota Medan yang terkena ISPA dan lainnya agar segera berobat ke puskesmas ataupun rumah sakit yang ada di Kota Medan. Karena tidak bisa dipungkiri dampak asap ini semakin terasa dan mempengaruhi aktifitas kita," ungkap Akhyar.
 
Mantan anggota DPRD ini selanjutnya berharap karhutla dapat segera teratasi. Ia berharap POLRI dan TNI segera menemukan para pelaku pembakaran hutan dan lahan agar mempertanggungjawabkan semua perbuatan yang telah dilakukannya.
 
"Kita berharap kedepannya tidak ada lagi karhutla karena sangat mengganggu dan berdampak besar bagi masyarakat, bukan hanya di Kota Medan, namun hingga ke negara luar. Selain itu, kita berharap POLRI dan TNI segera menemukan para pelaku yang membakar hutan dan lahan tersebut. Demi keuntungan pribadi mereka, masyarakat bahkan hewan pun menjadi korbannya," jelas Akhyar.
 
Hadir dalam acara ini, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi, Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhillah, Wakapolda Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto SIK MHum, Pangkosek Hanudnas III Letkol Pnb Yudha Irawan, Lantamal 1 Belawan Laksma TNI Abdul Rasyid, Bupati/Wali Kota se-Sumut, BPBD SUMUT Riadil Akhir Lubis, Muspika, Dandim/Danrem se-Sumut, Kapolres se-Sumut, OPD Provsu, PTPN dan pemegang ijin.(BS09)
 

Tag:AsapKabutkabut asapkarhutlakebakarankebakaran hutan