Senin, 20 Januari 2020

Kabupaten Palas Optimis Bakal Miliki Bandara

Minggu, 14 April 2019 10:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Kabid Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah M Khaidir Harahap
Beritasumut.com-Pembangunan Bandar Udara (Bandara) di Kabupaten Padang Lawas (Palas) optimis terwujud dalam tiga tahun kedepan. Pasalnya, sudah ada titik terang dari Kementerian Perhubungan untuk proses izin pembangunan Bandara di daerah hasil pemekaran tersebut.
 
Kaban Bappeda Palas melalui Kabid Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah M Khaidir Harahap mengaku jika pihaknya optimis pembagunan Bandar lapangan terbang akan terwujud sesuai rencana Pemda setempat.“Kita tetap optimis Kementerian Perhubungan memberikan persetujuan untuk pembangunan bandara didaerah Kabupaten Palas,” ujar M Khaidir dilansir dari laman padanglawaskab.go.id, Minggu (14/04/2019).
 
Upaya Pemda Palas, lanjut Khaidir, untuk memperoleh izin pembangunan Bandara Telah menyurati Kementerian Perhubungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk pembebasan lahan PT SSL yang berlokasi di Desa Siialiali, Kecamatan Lubuk Barumun, karena lokasi itu diusulkan menjadi lapangan Bandara.”Surat permohonan yang diajukan ke Kementerian Perhubungan disertai dengan persetujuan bersama yang ditandatangani Kepala Daerah wilayah Tanagsel termasuk juga Gubernur Sumatera Utara ketika dijabat Tengku Ery Nuradi saat itu,” ungkap Khaidir.
 
Saat ditanya apakah proses izin untuk pembagunan bandara sudah diusulkan.Khaidir menegaskan, usulan pembangunan Bandara di daerah ini optimis akan disetujui Karena letak lokasi memiliki titik strategis yang cukup berpotensial sesuai persyaratan.“Lokasi lahan yang disuslkan cukup luas dan geograifis tanah cukup datar dan tidak ada ganguan disekitar objek rencana lapangan bandara sehingga cukup layak,” terang Khaidir.
 
Menurut Khaidir, proses rencana pembangunan Bandara telah melalui proses diawali uji kelayakan atau feasibility study (FS), dengan mendatangkan tim ahli dari Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta untuk kelengkapan dokumen pengajuan pemba­ngunan bandara, hingga peninjauan lokasi yang telah dirancang menjadi lapangan Bandara.
 
Senada, Kaban Bappeda Palas Yenny Nurlina Siregar SP menegaskan pembangunan bandara tidak ada permasalahan dari hasil uji kelayakan.Bahkan, kata Yenny kapasitas potensi penumpang pesawat dan kesediaan maskapai membuka rute ke depan besar potensinya untuk Kabupaten Palas.
 
Yenny menggambarkan, dari Kota Padang Sidimpuan, Gunung Tua dan daerah-daerah sekitar wilayah Tabagsel serta Rokan Hulu, Rokan Hilir dan lainnya akan memanfaatkan Bandara ini ke depan setelah terwujud nantinya. "Untuk persoalan ketersediaan lahan rencana pembangunan bandara tidak akan ada kendala. Bahkan dari gambaran luas lahan yang disediakan mencapai 500 hektare," pungkasnya.(BS09)
 
T#g:bandaraPalas
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 hari lalu

    Bupati Madina Tanda Tangani MoU Pembangunan Bandara Bukit Malintang

    Beritasumut.com-Bupati Mandailing Natal, Drs Dahlan Hasan Nasution didampingi Ketua DPRD Kabupaten Mandailing Natal, Erwin Efendi Lubis dan Kepala

  • 6 hari lalu

    Nabrak Pintu Gerbang Bandara Kualanamu, Pria Mabuk Malah Marah, Ternyata Bawa Sabu

    Beritasumut.com-Menabrak pintu gerbang VIII Bandara Kualanamu tanpa sebab, seorang pria diduga mabuk ditolong warga namun, malah marah-marah. Sehin

  • 3 minggu lalu

    Mulai Beroperasi, Kereta Api Bandara Internasional Adi Soemarno Gratis Selama Dua Bulan

    Beritasumut.com-Kereta Api Bandara Internasional Adi Soemarmo (KA BIAS) mulai beroprasi perdana secara terbatas mulai hari ini, Minggu (29/12/2019)

  • 4 minggu lalu

    Ini Penjelasan Batik Air Terkait Adanya Penumpang Diduga Mabuk

    Beritasumut.com-Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group memberikan klarifikasi sehubungan layanan bernomor ID-6050 dan penanganan

  • 4 minggu lalu

    Pangdam I/BB Pimpin Upacara Militer Penyambutan Jenazah Kapten Inf Anumerta Erizal di Bandara Kualanamu

    Beritasumut.com-Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah memimpin langsung upacara militer penyambutan jenazah Kapten Inf Anumerta Erizal Zuhri Sidabut

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.