Minggu, 20 Oktober 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Kabid Humas Poldasu:E-Tilang, Meminimalisir Pungli di Masyarakat

Kabid Humas Poldasu:E-Tilang, Meminimalisir Pungli di Masyarakat

Jumat, 16 Desember 2016 22:46:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS04
Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Dra Rina Sari Ginting.
Beritasumut.com-Wakapolda Sumut Brigjen Pol Drs Adhi Prawoto SH bersama pejabat utama Polda Sumut mengikuti Video Conference Launching E-Tilang, SIM Baru Online dan E-Samsat yang dibuka oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian pada Jumat (16/12/2016) di Korlantas Polri, Jakarta. 
 
Polda Sumut juga mengundang instansi yang berhubungan dengan inovasi kepolisian tersebut antara lain Ketua Pengadilan Tinggi Prov Sumut, Ketua Pengadilan Negeri Kota Medan, Kajati Prov Sumut, Kajari Kota Medan, Dirut PT Bank Sumut, Kadis Dukcapil Kota Medan,  Kacab PT Jasa Raharja Prov Sumut, Kacab PT Jasa Raharja Kota Medan, Kadis Penda Prov Sumut dan Kadis Penda Kota Medan. Polres-Polres jajaran Polda Sumut juga mengikuti launching tersebut melalui video conference di markas Polres masing masing.
 
Launching tersebut sendiri bertujuan untuk mewujudkan promoter.“Tahun ketiga ini presiden ingin menggenjot reformasi bidang hukum,” kata Kapolri Tito Karnavian selaku Kapolri lewat teleconference dilansir dari laman resmi tribratanewspoldasumut.com, Jumat (16/12/2016).
 
Terkait hal tersebut, Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Dra Rina Sari Ginting berharap dengan adanya E-Tilang, E-Samsat, dan SIM baru online ini dapat membantu pelayanan pihak kepolisian kepada masyarakat dengan cepat dan tepat.
 
“Pelayanan cepat tepat akurat akuntabel transparan dan informatif mudah di akses dalam proses. Inilah bagaimana kita meningkatkan kualitas, keselamatan, menurunkan korban kecelakaan. Karena semua sistem ini akan berkaitan. Pada SIM online akan berkaitan pada sistem pendataan,” kata Rina.
 
Dia mengatakan, E-Tilang adalah suatu proses atau penindakan yang akan di lakukan oleh pihak kepolisian, apabila terdapat masyarakat yang melanggar lalu lintas. Sebab, menurutnya, lalu lintas di jalan raya merupakan urat nadi bagi kehidupan masyarakat.
 
“E-Tilang adalah program atau proses penindakan. Ketiga sistem ini akan saling terkait, bagaimana berupaya mewujudkan keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran berlalu lintas. Karena kita juga menyadari, bahwa lalu lintas ini urat nadi kehidupan,” lanjutnya.
 
Kabid Humas menuturkan bahwa pada mekanisme E-Tilang tersebut tidak berbeda jauh dengan tilang biasanya. Hanya saja pada E-Tilang ini, para pelanggar dapat menitip denda tersebut kepada bank-bank yang telah bekerja sama dengan pihak kepolisian dan tanpa mengikuti jalannya proses persidangan.“Mekanismenya pada prinsipnya, pada E-Tilang ini masih sama lah dengan yang lain. Dapat titip denda tilang tanpa sidang pengadilan,” tuturnya.
 
Selain itu, menurutnya program E-Tilang ini merupakan inisiatif pihak Polri untuk meminimalisir adanya pungutan liar (pungli) yang terjadi di masyarakat. “Semua program kita harus katakan ini adalah inisiatif anti korupsi, dan ini inisiatif birokrasi,” pungkasnya.(BS04)
 
T#g:e-samsate samsatE-TilangE TilangKapolriPoldasuSIM OnlineTilang
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 41 menit lalu

    Poldasu dan Kodam I BB kembali Gelar Patroli Bermotor

    Beritasumut.com-Guna menciptakan kondisi aman di Kota Medan khususnya di hari pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih, personel Poldasu

  • 2 hari lalu

    Poldasu dan Kodam I/BB Perketat Pengamanan Jelang Pelantikan Presiden RI

    Beritasumut.com-Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) bersama Kodam I/Bukit Barisan (BB) melakukan konsolidasi dalam upaya memperketat pengama

  • 3 hari lalu

    Panglima TNI: Marwah dan Nama Baik NKRI Dipertaruhkan Dalam Pelantikan Presiden RI

    Beritasumut.com-Marwah dan nama baik Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dipertaruhkan dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI. Denga

  • satu minggu lalu

    Poldasu Sebut Tewasnya Golfrid Siregar Mengarah Ke Laka Tunggal

    Beritasumut.com-Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut), untuk sementara menyimpulkan penyebab tewasnya aktivis yang juga kuasa hukum (advok

  • 2 minggu lalu

    Bawa 80 Kg Ganja, Tiga Pria Diamankan Poldasu dari Kawasan Jamin Ginting, Satu Pelaku Residivis GAM

    Beritasumut.com-Personel Unit IV Subdit I, Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sumut berhasil mengamankan narkotika sebanyak 80 Kg gan

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.