Jumat, 15 November 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • KMP Wira Victoria Akan Layani Penyeberangan Sibolga-Nias

KMP Wira Victoria Akan Layani Penyeberangan Sibolga-Nias

Sabtu, 07 Mei 2016 20:13:00
BAGIKAN:
Beritasumut.com/Ist
Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Wira Victoria, saat berada di Pelabuhan Sambas, Kota Sibolga
Beritasumut.com-Walikota Sibolga, Drs HM Syarfi Hutauruk MM meresmikan pengoperasian Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Wira Victoria, di Pelabuhan Sambas, Kota Sibolga, pertengahan pekan ini. KMP ini akan melayani rute penyeberangan Sibolga–Nias. 

Peresmian KMP Wira Victoria dihadiri juga oleh Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, Direktur PT Wira Jaya Logitama Lines (WJL) Sukiarto, Komisaris Utama PT Wira Jaya Logitama Lines Kelvin Wirawan, Kepala KSOP Sibolga Alwi Tikka SE, MM dan Kapolres Sibolga AKBP Didi Wahyudi SIK serta unsur Muspida. 

"Letak Kota Sibolga secara gografisnya merupakan pintu gerbang ke pulau-pulau seberang dan sebagaimana diketahui, Pemko Sibolga yang rencananya akan segera meresmikan pelabuhan ASDP yang mengutamakan keamanan dan kenyamanan penumpang serta kendaraan yang akan menyeberang ke pulau-pulau seberang. Sehubungan dengan itu kami perusahaan penyeberangan tentu sangat mendukung rencana tersebut,"  terang Direktur PT WJL Sukiarto dilansir dari laman resmi sibolgakota.go.id. 

Sukiarto menambahkan, sebagai langkah ikut berpartisipasi memajukan pembangunan Kota Sibolga sebagai kota pintu gerbang pelabuhan, maka  pihak PT WJL serius melakukan investasi dengan membangun kapal-kapal baru untuk melayani seluruh Indonesia. 

"Saat ini telah tiba salah satu kapal yang bernama KMP Wira Victoria, dan dalam beberapa bulan mendatang akan menyusul 2 kapal berikutnya. KMP Wira Victoria dibangun pada tahun 2015 sesuai dengan persyaratan standar internasional yang mengutamakan keselamatan dan mengutamakan kenyamanan penumpang, dan telah mendapatkan persetujuan baik kelayakan dari sisi konsumtif, keselamatan, peralatan di atas kapal dari Kemenhub RI," paparnya.

KMP Wira Victoria memiliki ukuran panjang total 90 meter, dan lebar kapal adalah 18 meter. Dan kendaraan bisa diangkut 2 lantai, di mana di atas untuk mobil pribadi dapat dimuat sebanyak 35 unit dan untuk dibawah dapat dimuat sebanyak 55 unit untuk truk dan campuran. 

Kapasitas total penumpang sebanyak 700 orang, yang dilengkapi sarana berupa ruang sholat, ruang untuk ibu menyusui, klinik bagi penumpang untuk pertolongan pertama, ruang penumpang full AC dan ruang terbuka yang bisa menampung sebanyak 80 orang dan dilengkapi dengan televisi dan video.

Diharapkan, dengan hadirnya KMP Wira Victoria sebagai kapal penyeberangan, nantinya dapat meningkatkan arus penyeberangan penumpang dan logistik ke pulau-pulau seberang yakni mengangkut barang-barang kebutuhan pokok  berupa sembako dan kebutuhan sehari-hari.

"Dan sebaliknya dari pulau-pulau seberang mengangkut hasil bumi kembali ke pintu gerbang Kota Sibolga, semoga itu dapat bermanfaat bagi Kota Sibolga dan kita  berkomitmen untuk membantu Pemko Sibolga untuk menjadikan Kota Sibolga menjadi kota pelabuhan penyeberangan sekaligus mendukung program pemerintahan Jokowi 'Tol Laut'," terangnya.(BS02)

T#g:Sibolga
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Objek Wisata Pajus Segera Dioperasikan, Wali Kota Sibolga Minta Dukungan dari Masyarakat

    Beritasumut.com-Pembangunan objek wisata Pantai Ujung Sibolga (Pajus) segera rampung, dan direncanakan mulai dioperasikan pada akhir November. Wali

  • 2 minggu lalu

    Jelang Hari Pariwisata Dunia, Disparpora Sibolga Bersihkan Destinasi Wisata Sejarah

    Beritasumut.com-Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) akan menggelar puncak Hari Pariwisata Dun

  • 3 minggu lalu

    Wali Kota Sibolga Buka Pencanangan Pembangunan Zona Integritas dan Pemusnahan BMN HT MMEA Ilegal

    Beritasumut.com-Wali Kota Sibolga Drs HM Syarfi Hutauruk MM membuka acara pencanangan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi

  • 4 minggu lalu

    Jelang Beroperasi, Wali Kota dan KKP Tinjau ICS Kota Sibolga

    Beritasumut.com-Wali Kota Sibolga Drs HM Syarfi Hutauruk MM bersama unsur Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI), meninjau

  • satu bulan lalu

    Wali Kota Sibolga Minta Pegawai di RSU FL Tobing Tingkatkan Kepedulian dan Keramahan

    Beritasumut.com-Wali Kota Sibolga Drs HM Syarfi Hutauruk MM meminta agar Dokter, Bidan, Perawat dan seluruh Petugas RSU agar meningkatkan rasa kepe

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.