Peristiwa

KKP Bandara Kualanamu: Belum ada Larangan Masuk WN China Terkait Virus Corona

herman herman
KKP Bandara Kualanamu: Belum ada Larangan Masuk WN China Terkait Virus Corona
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Ancaman penyebaran Virus Corona yang saat ini masih terjadi, membuat sejumlah instansi terkait khususnya Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kualanamu hingga kini belum memberlakukan larangan masuk bagi warga negara (WN) China yang  datang melalui Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang Sumatera Utara.
 
"Saat ini kita masih melakukan antisipasi dengan prosedur yang sudah ada, dengan menggunakan alat thermosecener dan melakukan pendataan paspor terhadap mereka yang masuk via KNIA," ujar Koordinator KKP Kualanamu, dr Sofyan Hendri, Senin (03/02/2020).
 
Ditambahkannya, pihaknya tidak bisa melarang orang masuk sebelum ada surat resmi dari pemerintah pusat masuk ke KKP. Dia mengaku ada informasi yang dilansir lewat media, tentang  pelarangan bagi yang datang dari China tetapi baru 5 Februari 2020. "Kalau surat edaran itu resmi keluar, kita siap memberlakukannya dan diterapkan di KNIA," sebutnya.
 
Misalkan setiap orang yang baru tiba dari luar negeri, mereka diwajibkan   mengisi data, melewati pemeriksaan thermoscener dan lainnya. kalau terdeteksi terjangkit virus corona, maka langsung di masukkan ke ruang  karantina (isolasi) yang sudah disiapkan di terminal kedatangan international. Untuk selanjutnya dirujuk ke RS Adam Malik.
 
Ditambahkannya, menurut pihak Tempat Pemeriksaan Imigrasi Kelas I Khusus Medan melalui Kasi Unit Pemeriksaan II Albert Pasaribu di Kualanamu, pihaknya juga melakukan hal yang sama, sepanjang masih dinyatakan seseorang itu steril ketika melewati pemeriksaa  KKP pihaknya juga memberikan izin masuk. "Kita tergantung KKP, kalau lolos dari mereka kita juga perbolehkan masuk," tambahnya.(BS05)