Peristiwa

KAGUMSU: Proyek di Dinas PSDA Sumut Dikuasi oleh AS, Keluarga Petinggi di Sumut


KAGUMSU: Proyek di Dinas PSDA Sumut Dikuasi oleh AS, Keluarga Petinggi di Sumut
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI
Beritasumut.com-Komunitas Guna Masyarakat Sumatera Utara (KAGUMSU) menilai proses lelang atau tender sejumlah proyek di Dinas Pengelolaan dan Sumber Daya Air (PSDA) Sumatera Utara (Sumut) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) Sumut tahun anggaran (TA) 2017 itu terkesan dipaksakan. 
 
KAGUMSU mensinyalir, hal itu terjadi diduga karena Kepala Dinas PSDA, Lukmanul Hakim memiliki hubungan dekat dengan salah satu pengusaha berinisial AS yang merupakan keluarga dari salah satu petinggai di Sumut.
 
"Ada permainan di tender Dinas PSDA Sumut tahun 2017. Sebab salah satu pengusaha yang ikut tender berinisal AS merupakan adik ipar dari salah satu pimpinan di Sumatera Utara," ungkap Ketua KAGUMSU, Sakti Kayamudin didampingi Dedek Gie selaku pengurus, Selasa (11/07/2017).
 
Bahkan tender di PSDA Sumut dinilai kurang berkualitas dan kurang transparan. Akibatnya nantinya penetepan pemenang setiap paket proyek yang ditenderkan asal-asalan. "Untuk pemenangnya terkesan sudah diatur dan merusak prinsip persaingan usaha yang sehat. Dari proses yang kita cermati, tender terkesan dipaksakan, tidak sehat dan penuh persekongkolan. Pokja ULP tidak mengacu pada Perpres No.54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah," sebutnya.
 
Dedek menyebutkan, untuk pengusaha AS yang merupakan adik ipar petinggi di Sumut itu kerap meminta proyek di setiap dinas-dinas. Sehingga selalu ditunjuk sebagai pemenang tender tanpa mengikuti prosedur."Mungkin karena Kadis PSDA Sumut takut jabatannya diganti sehingga menunjuk AS yang nantinya bakal menjadi pemenang tender," sebutnya.
 
Lukmanul Hakim sendiri enggan memberikan keterangan saat dikonfirmasi terkait proses tender yang langsung menunjuk salah seorang pengusaha tanpa mengikuti prosedur.(BS03)

Tag:Dinas PSDA SumutKagumsuLelangLukmanul Hakimtender