Kamis, 12 Desember 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Jumlah Hewan Kurban yang Dikelola Pemprov Sumut Menurun Drastis

Jumlah Hewan Kurban yang Dikelola Pemprov Sumut Menurun Drastis

Selasa, 06 September 2016 14:41:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ilustrasi

Beritasumut.com-Jumlah hewan kurban dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah yang dikelola Pemprovsu diperkirakan menurun drastis dibandingkan tahun sebelumnya. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Ketua Panitia Pelaksanaan Kurban Pemprovsu tahun ini Ok Zulkarnaen hingga Selasa (06/09/2016) kemarin baru tercatat 44 ekor. Meskipun demikian jumlah tersebut menurut Zulkarnaen bisa bertambah menjelang hari hari H.

“Berdasarkan data sementara yang kita miliki, tahun ini hewan kurban yang akan dipotong sebanyak 44 ekor berupa sapi atau lembu termasuk satu ekor sumbangan dari Presiden. Hewan kurban ini merupakan sumbangan dari beberapa SKPD yang ada dijajaran Pemprovsu,” ujar Zulkarnaen yang juga menjabat sebagai Asisten III Setdaprovsu.
   
Seperti diketahui pada Idul Adha tahun 2015 ini tahun ini Pemprovsu menyalurkan hewan kurban terdiri atas 123 ekor sapi dan 2 ekor kambing yang pemotongannya tersebar di beberapa lokasi SKPD maupun BUMD milik Pemprovsu diantaranya Bank Sumut, PDAM Tirtanadi, dan PT Perkebunan Sumut. Dari jumlah tersebut 18 ekor penyemblihannya dilaksanakan di Kantor Gubsu.

Disinggung mengenai ada penurunan jumlah hewan kurban tahun ini langsung dibantah oleh Zulkarnaen. Menurut Zulkarnaen kalau jumlah hewan kurban tahun ini jauh meningkat dari tahun sebelumnya.

"Mana ada 123 ekor. Saya ikut panitia kok. Tahun semalam cuma 18 ekor. Jadi meningkatlah tahun ini," ujar Zulkarnaen bersikukuh kalau tahun ini jumlah hewan kurban meningkat jumlahnya.

Lebih lanjut dikatakan Zulkarnaen hewan-hewan kurban yang dikelola pihaknya nantinya akan disembelih sebagian di kantor Gubernur dan beberapa hewan kurban lainnya akan disumbangkan ke mesjid-mesjid ataupun Panti Asuhan yang ada di Sumut. Begitupun terkait lokasi mana saja akan dilakukan pemotongan hewan korban yang dikelola Pemprovsu Zulkarnaen mengaku belum dapat memastikannya.

“Pemotongannya akan kita lakukan di kantor Gubernur seperti tahun-tahun sebelumnya. Kemudian, beberapa lagi akan kita sumbangkan ke mesjid-mesjid dan panti asuhan yang ada. Tapi sampai saat ini, saya belum bisa mengatakan mesjid dan panti asuhan mana saja yang akan mendapat bantuan. Setiap hari kita lakukan rapat persiapan itu,” ujarnya.
 
Lebih jauh dikatakannya dalam waktu dekat ini, pihaknya akan melakukan rapat teknis tentang pelaksanaan kurban pemprovsu. Sehingga pihak panitia dapat mengetahui secara pasti berapa orang SKPD yang ikut melaksanakan pemotongan hewan kurban dan tempat mana saja yang akan mendapat bantuan hewan kurban dari pemprovsu.(BS03)

T#g:Hewan KurbanIdul AdhaKurban
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Dirjen PHU Lepas Kloter Terakhir dari Makkah Menuju Madinah

    Beritasumut.com-Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nizar Ali melepas keberangkatan kelompok terbang (kloter) terakhir dari Kota

  • 3 bulan lalu

    Terpisah dari Rombongan, Satu Jemaah Haji Asal Indonesia Masih dalam Pencarian

    Beritasumut.com-Satu orang jemaah haji asal Palembang,  Tapsirin Wajat Ratam (82) sampai saat ini belum diketahui keberadaannya. Jemaah kloter

  • 4 bulan lalu

    Walikota Sambut Kepulangan 392 Jamaah Haji Kloter 01 Asal Kota Medan

    Beritasumut.com-Jelang tengah malam, tepatnya sekitar pukul 23.15 WIB, Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH menyambut kepulangan jamaah haj

  • 4 bulan lalu

    Usai Fase Armuzna Selesai, Sebanyak 169 Jemaah Haji Asal Indonesia Wafat di Tanah Suci

    Beritasumut.com-Jemaah haji Indonesia telah menyelesaikan rangkaian puncak ibadah haji, mulai wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah dan Mina, serta

  • 4 bulan lalu

    Tepat di Hari Kemerdekaan RI, 13 Kloter Awali Kepulangan Jemaah Haji Asal Indonesia

    Beritasumut.com-Sebanyak 13 kelompok terbang (kloter) jemaah Haji Indonesia gelombang pertama yang akan diterbangkan ke tanah air pada hari pertama

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.