Peristiwa

Jubir BPN Prabowo-Sandi Dipanggil Polda Sumut Terkait Dugaan Makar


Jubir BPN Prabowo-Sandi Dipanggil Polda Sumut Terkait Dugaan Makar
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI
Beritasumut.com-Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumatera Utara (Sumut) melakukan pemanggilan terhadap juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan tindak pidana makar. 
 
Surat panggilan tersebut ditandatangani oleh Kasubdit I TP Kamneg Ditreskrimum Polda Sumut AKBP Simon Paulus Sinulingga, pada tanggal 24 Mei 2019. Di surat tersebut disebutkan agar Dahnil hadir untuk diperiksa di Unit 4 Subdit 1/TP Kamneg pada Selasa 28 Mei 2019 pukul 10.00 WIB.pemanggilan ini dilakukan berdasar adanya laporan polisi bernomor LP/659/V/2019/Sumut/SPKT I pada tanggal 8 Mei 2019. Laporan ini dilayangkan ke Polda Sumut oleh pelapor atas nama Fauzi Ramadhan Singarimbun. 
 
Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto membenarkan prihal pemanggilan tersebut. Selain itu, ia juga membenarkan bahwa Dahnil dipanggil terkait perkara dugaan makar. "Khusus pemeriksaan Dahnil Anzar Simanjuntak selaku saksi, ya. Tadi saya lihat pernyataannya di media, bahwa yang bersangkutan (mengaku) belum membaca secara langsung surat panggilan itu," ungkapnya kepada wartawan, Selasa (28/05/2019).
 
Karenanya, Jenderal Polisi bintang dua ini menyampaikan, bahwa pihaknya akan melakukan penyuratan kembali kapada Dahnil. Namun, Agus belum merincikan kapan pemanggilan lanjutan kepadanya akan dilayangkan. "Nanti akan kita layangkan kembali. Kapan waktu yang beliau sempat, nanti akan kita koordinasikan supaya yang bersangkutan bisa diperiksa sebagai saksi, dalam kasus beberapa tersangka yang kemarin sudah dikenakan," tandasnya.
 
Sementara itu, selain Dahnil, penyidik juga menjadwalkan pemanggilan terhadap tiga orang saksi lainnya terkait dugaan makar ini, masing-masing Angga Fahmi (mahasiswa), Presidium GNKR Rabualam, serta Ketua FUI Indra Suheri. Namun hingga sore, ketiganya belum juga hadir ke Mapolda Sumut. 
 
Sedangkan berdasarkan informasi yang didapat, penyidik juga melakukan pemanggilan terhadap Anggota DPR RI Gus Irawan Pasaribu juga sebagai saksi. Namun sesuai jadwal, pemanggilan yang dilakukan terhadapnya baru akan dilangsungkan pada Rabu (29/05/2019) besok.(BS04)
 

Tag:BPNDahnil Anzar SimanjuntakmakarPolda Sumutprabowo