Rabu, 23 Oktober 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Jual Kulit Harimau dan Sisik Trenggiling, 3 Terdakwa Diancam 5 Tahun Penjara

Jual Kulit Harimau dan Sisik Trenggiling, 3 Terdakwa Diancam 5 Tahun Penjara

Kamis, 12 Januari 2017 20:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI
Harimau dan Trenggiling
Beritasumut.com-Tiga terdakwa penjual satu helai kulit harimau dan 3 Kilogram sisik trenggiling hasil tangkapan Polda Sumut di Hotel Madani Medan beberapa waktu lalu, menjalani sidang perdana atau dakwaan di ruang sidang Cakra V Pengadilan Negeri (PN) Medan.
 
Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sabarita Siahaan dari Kejatisu mendakwa EM alias Edi, B alias Akeng dan S alias Acai melanggar pasal 21 Ayat 2 Huruf D juncto pasal 40 ayat 2 UU RI no 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem junto pasal 55 ayat 1 ke -1 KUHP dengan ancaman pidana penjara maksimal lima tahun.
 
"Pada 10 Oktober 2016, EM dihubungi Akeng menanyakan apakah Edi memiliki kulit harimau. Menjawab itu Edi mengatakan akan melihatnya lebih dulu. Lalu 12 Oktober 2016 Edi pergi ke Aceh Jaya dengan menumpang bus menjumpai Udin. Setelah bertemu dengan Udin, dia menanyakan maksudnya membeli kulit harimau dan sisik trenggiling dan memberikan bayaran kepada Udin sebesar Rp4 juta setelah mendapatkan satu helai kulit harimau dan 3 Kg sisik trenggiling," papar Sabarita yang dilansir dari tribratanewspoldasumut.com, Kamis (12/01/2016).
 
Sesampai di Medan, lanjutnya, pada tanggal 14 Oktober 2016, Edi kembali dihubungi Acai menanyakan apakah sudah mendapatkan kulit harimau dan sisik trenggiling. Setelah menjawab ada, Edi diajak menjumpai Akeng yang sudah bersama pembeli di kamar nomor 415 lantai empat Hotel Madani Jalan Sisingamangaraja.
 
Setelah sampai di Hotel Madani, Edi yang membawa kulit harimau dan sisik trenggiling di dalam plastik hitam, mereka bertemu dengan pembeli yang ternyata dua petugas kepolisian yang menyaru sebagai pembeli. Ketiganya langsung digelandang ke Dirreskrimum (Direktorat Resor Kriminal Umum) Polda Sumut untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.
 
Dalam dakwaan terpisah, ketiganya didakwa secara bersama-sama memperniagakan, menyimpan, memiliki kulit atau bagian tubuh lain satwa yang dilindungi dan benda benda lain yang dibuat dari satwa yang dilindungi atau membawanya dari Indonesia ke tempat lain di luar negeri atau tempat lain di Indonesia.
 
Terdakwa didakwa melanggar pasal 21 Ayat 2 Huruf D junto pasal 40 ayat 2 UU RI no 5 tahun 1990 (tentang Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem) juncto pasal 55 ayat 1 ke -1 KUHP.Selanjutnya, majelis hakim menunda sidang untuk dilanjutkan pada pekan depan. Usai sidang, JPU Sabarits mengatakan, ketiga terdakwa terancam hukuman penjara hingga maksimal lima tahun.
 
“Selain kulit harimau dan sisik trenggiling, barang bukti lain yang disita satu unit mobil Toyota Avanza warna silver (perak) yang digunakan membawa kulit harimau dan sisik trenggiling," pungkasnya. (BS04)
T#g:DilindungiHarimauKulitMedanPenjualanPoldaSatwaSisikSumatera UtaraSumutTrenggiling
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 5 jam lalu

    Dua Minggu Terakhir, Polda Sumut Ungkap Peredaran Gelap 35 Kg Sabu

    Beritasumut.com-Dalam rentang waktu dua minggu terakhir, Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sumut berhasil mengungkap upaya peredaran

  • 3 jam lalu

    MUI Sumut Terbaik Seluruh Indonesia, Gubernur Sebut MUI adalah Payung Umat

    Beritasumut.com-Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara (Sumut) dinobatkan sebagai MUI terbaik di seluruh Indonesia. Kabar baik tersebut diinf

  • 22 jam lalu

    Ijeck Kunjungi Tambang PT Bumi Suksesindo, Kedepankan CSR dan Pelestarian Lingkungan

    Beritasumut.com–Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah menginginkan perusahaan tambang yang berada di Sumut bisa mengedepanka

  • 23 jam lalu

    Gubernur Paparkan Rencana Pembangunan Sejumlah Proyek Infrastruktur Sumut

    Beritasumut.com–Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi memaparkan rencana pembangunan sejumlah proyek infrastruktur dan fasilitas umum

  • 24 jam lalu

    Sekda Kota Medan Pimpin Rapat Koordinasi Penilaian Adipura

    Beritasumut.com-Sekda Medan, Ir Wiriya AlRahman MM, memimpin Rapat Koordinasi Penilaian, Pemantauan, serta Verifikasi Adipura Kota Medan, di Ruang

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.