Kamis, 18 Juli 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Jual Kulit Harimau dan Sisik Trenggiling, 3 Terdakwa Diancam 5 Tahun Penjara

Jual Kulit Harimau dan Sisik Trenggiling, 3 Terdakwa Diancam 5 Tahun Penjara

Kamis, 12 Januari 2017 20:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI
Harimau dan Trenggiling
Beritasumut.com-Tiga terdakwa penjual satu helai kulit harimau dan 3 Kilogram sisik trenggiling hasil tangkapan Polda Sumut di Hotel Madani Medan beberapa waktu lalu, menjalani sidang perdana atau dakwaan di ruang sidang Cakra V Pengadilan Negeri (PN) Medan.
 
Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sabarita Siahaan dari Kejatisu mendakwa EM alias Edi, B alias Akeng dan S alias Acai melanggar pasal 21 Ayat 2 Huruf D juncto pasal 40 ayat 2 UU RI no 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem junto pasal 55 ayat 1 ke -1 KUHP dengan ancaman pidana penjara maksimal lima tahun.
 
"Pada 10 Oktober 2016, EM dihubungi Akeng menanyakan apakah Edi memiliki kulit harimau. Menjawab itu Edi mengatakan akan melihatnya lebih dulu. Lalu 12 Oktober 2016 Edi pergi ke Aceh Jaya dengan menumpang bus menjumpai Udin. Setelah bertemu dengan Udin, dia menanyakan maksudnya membeli kulit harimau dan sisik trenggiling dan memberikan bayaran kepada Udin sebesar Rp4 juta setelah mendapatkan satu helai kulit harimau dan 3 Kg sisik trenggiling," papar Sabarita yang dilansir dari tribratanewspoldasumut.com, Kamis (12/01/2016).
 
Sesampai di Medan, lanjutnya, pada tanggal 14 Oktober 2016, Edi kembali dihubungi Acai menanyakan apakah sudah mendapatkan kulit harimau dan sisik trenggiling. Setelah menjawab ada, Edi diajak menjumpai Akeng yang sudah bersama pembeli di kamar nomor 415 lantai empat Hotel Madani Jalan Sisingamangaraja.
 
Setelah sampai di Hotel Madani, Edi yang membawa kulit harimau dan sisik trenggiling di dalam plastik hitam, mereka bertemu dengan pembeli yang ternyata dua petugas kepolisian yang menyaru sebagai pembeli. Ketiganya langsung digelandang ke Dirreskrimum (Direktorat Resor Kriminal Umum) Polda Sumut untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.
 
Dalam dakwaan terpisah, ketiganya didakwa secara bersama-sama memperniagakan, menyimpan, memiliki kulit atau bagian tubuh lain satwa yang dilindungi dan benda benda lain yang dibuat dari satwa yang dilindungi atau membawanya dari Indonesia ke tempat lain di luar negeri atau tempat lain di Indonesia.
 
Terdakwa didakwa melanggar pasal 21 Ayat 2 Huruf D junto pasal 40 ayat 2 UU RI no 5 tahun 1990 (tentang Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem) juncto pasal 55 ayat 1 ke -1 KUHP.Selanjutnya, majelis hakim menunda sidang untuk dilanjutkan pada pekan depan. Usai sidang, JPU Sabarits mengatakan, ketiga terdakwa terancam hukuman penjara hingga maksimal lima tahun.
 
“Selain kulit harimau dan sisik trenggiling, barang bukti lain yang disita satu unit mobil Toyota Avanza warna silver (perak) yang digunakan membawa kulit harimau dan sisik trenggiling," pungkasnya. (BS04)
T#g:DilindungiHarimauKulitMedanPenjualanPoldaSatwaSisikSumatera UtaraSumutTrenggiling
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 13 jam lalu

    12 Baterai Mercusuar di Belawan Senilai Ratusan Juta Dicuri, Maling Jual Rp 7000 per Kilo

    Beritasumut.com-Ditpolair Polda Sumut berhasil membekuk satu dari empat pelaku pencurian Baterai Tenaga Surya Mercusuar, di perairan Nipa Larangan,

  • 13 jam lalu

    Pemusnahan Barang Bukti Narkoba, Polsek Medan Baru Bakar 14 Kilo Ganja

    Beritasumut.com–Polsek Medan Baru menggelar pemusnahan barang bukti narkoba jenis ganja seberat 14.257 gram. Pemusnahan digelar di halaman Ma

  • 11 jam lalu

    Rapat Pembahasan Tentang Komisi Pemilihan Umum Dipimpin Wali Kota Medan

    Beritasumut.com-Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH, diwakili Kepala Bappeda Irwan Ritonga memimpin Rapat Pembahasan Tentang Komisi Pemili

  • 14 jam lalu

    Wakil Wali Kota Medan Minta Guru Madrasah Tanamkan Budaya Bersih

    Beritasumut.com-Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH, dihadiri Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, berpesan kepada para guru Ma

  • 2 hari lalu

    Polisi Tangkap 3 Pelaku Begal Yang Juga Komplotan Curanmor di Medan

    Beritasumut.com-Aksi begal sadis dilakukan tiga orang pelaku komplotan begal dan pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang kerap meresahk

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.