Peristiwa

Jelang Ramadhan, BBPOM Tingkatan Pengawasan Produk Pangan


Jelang Ramadhan, BBPOM Tingkatan Pengawasan Produk Pangan
Beritasumut.com/BS02
Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) 

Beritasumut.com-Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Medan akan melakukan pengawasan produk pangan di Sumatera Utara jelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1437 H. Pengawasan itu khususnya dilakukan pada sejumlah produk makanan untuk berbuka puasa maupun pangan dalam kemasan parsel.

Kepala BBPOM Medan Ali Bata Harahap melalui Kepala Seksi Penyidikan BBPOM Ramses Doloksaribu meminta agar distributor pangan dapat lebih intens dalam mengawasi produk-produk yang akan mereka distribusikan.“Tidak hanya meminta, kita juga akan turun ke sarana distributor pangan yang ada,” ujarnya, Jumat (03/06/2016) di Medan.

Tak hanya distributor saja, Ramses juga menjelaskan pihaknya juga sudah menyurati seluruh dinas kesehatan di seluruh Kabupaten/kota. Supaya, pengawasan yang dilakukan dapat lebih di intensifkan pada saat menjelang jatuhnya bulan Ramadhan dan Idul Fitri nanti.“Kita juga sudah surati dinas kesehatan kabupaten/kota untuk melakukan pengawasan di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Bahkan sambung Ramses, BBPOM bersama lintas sektor lainnya seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Badan Ketahanan Pangan (BKP), serta Dinas Kesehatan Kota Medan, akan melakukan uji sampling terhadap jajanan (takjil) berbuka puasa.“Pada hari H yang sudah ditentukan, kita akan uji sampel makanan untuk jajanan berbuka puasa tersebut,” tandasnya.

Sementera disinggung soal pengawasan yang ada di daerah, Ramses mengungkapkan, pihaknya juga akan turun melakukan pengawasan ke sejumlah daerah yang dianggap berpotensi akan banyaknya temuan-temuan pelanggaran.“Untuk di daerah, mungkin tidak semuanya kita sambangi. Kita hanya akan turun ke kabupaten/kota yang memang kita anggap besar adanya temuan-temuan,” pungkasnya.(BS02)


Tag:BBPOM