Peristiwa

Jelang Pilkada, Polrestabes Medan Jalin Koordinasi dengan KPU Kota Medan


Jelang Pilkada, Polrestabes Medan Jalin Koordinasi dengan KPU Kota Medan
BERITASUMUT.COM/BS04
Beritasumut.com-Memasuki momen Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Medan, Polrestabes Medan kembali menjalin koordinasi dengan KPU Kota Medan. Koordinasi ini bertujuan untuk menjaga suasana pemilu di Kota Medan semakin aman dan kondusif.
 
Demikian ungkap Kapolrestabe Medan Kombes Pol Jhonny Eddizon Isir SIK MTCP, di sela silaturahmi dengan Komisioner KPU Kota Medan di Jalan Kejaksaan, Senin (13/01/2020) siang. "Koordinasi ini dilakukan untuk menjaga situasi tetap aman dan kondusif di Kota Medan," ucapnya.
 
Kombes JE Isir menjelaskan, pada tahun 2013 dan Tahun 2015 dirinya sudah berpengalaman menghadapi Pilkada. "Kolaborasi antara stakeholder terkait dengan penyelenggara harus terjalin, sehingga keberhasilan terkait masalah peningkatan partisipasi dan keamanan tetap tercapai," terangnya.
 
Dia menyebut, pihaknya Polrestabes Medan akan mendukung penuh KPU Kota Medan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dengan melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat. "Masalah pelanggaran Pilkada itu yang bertindak Gakumdu dan apabila tidak ditindaklanjuti, kami pihak Kepolisian harus bisa. Oleh karena itu, Polrestabes Medan siap melakukan Kolaborasi dengan KPU Kota Medan," tegas Kombes JE Isir.
 
Sementara itu, Ketua KPU Kota Medan Agussyah R Damanik SH memperkenalkan jajaran Komisioner dan Sekretariatan KPU Kota Medan. "Selama ini hubungan KPU Kota Medan tetap intensif dengan pihak Polrestabes Medan dan Polres Pelabuhan Belawan untuk membahas permasalahan-permasalahan titik kerawanan. KPU Kota Medan akan melakukan perbaikan-perbaikan mengacu dengan pelaksanaan pemilihan Walikota tahun sebelumnya," tuturnya. 
 
Menurut Ketum, KPU Kota Medan tetap berkordinasi dengan Disdik Kota Medan untuk melakukan pendataan pemilih. Potensi kerawanan yaitu pemilih yang alamat KTP di Medan tapi tinggal di Deli Serdang dan atau sebaliknya. Serta di Kota Medan banyak sekali kampus-kampus. "Ada 17 Kecamatan yang berada di Wilkum Polrestabes Medan dan 4 Kecamatan Wilkum Polres Pelabuhan Belawan, " ujarnya.
 
Komisioner KPU Kota Medan Rinaldi Khair menambahkan, pendataan calon pemilih oleh KPU Kota Medan akan dilaksanakan sekitar Bulan April 2020, mempelajari dari yang lalu lalu pada hari terakhir tetap membeludak dan tidak menutup kemungkinan ada mobilisasi. "Sehubungan dengan itu, rekrutmen PPK akan dimulai dari tanggal 15 Januari - 14 Febuari 2020," pungkasnya. (BS04)

Tag:JE IsirKPU MedanPilkada MedanPolrestabes Medan