Peristiwa

Jelang Natal & Tahun Baru, Ribuan Pemudik Tiba di Belawan


Jelang Natal & Tahun Baru, Ribuan Pemudik Tiba di Belawan
Google
Ilustrasi.
Beritasumut.com - Ribuan penumpang KM Kelud dari Batam tiba di Pelabuhan Belawan, Medan, Rabu (23/12/2015).

Sebagian besar di antara mereka merupakan pemudik yang ingin pulang ke kampung halamannya di Sumatera Utara (Sumut) menjelang pada libur Natal dan Tahun Baru.

Arus mudik mulai terlihat di terminal penumpang Pelabuhan Belawan sejak Ahad (20/12/2015), saat KM Kelud bersandar dan menurunkan sekitar 2.600 penumpang yang diangkutnya. KM Kelud yang tiba dan berangkat kembali ke Batam hari ini merupakan yang terakhir sebelum libur Natal dan Tahun Baru.

"Arus mudik Natal memang puncaknya tanggal 23 ini, karena ini KM Kelud terakhir sebelum libur," jelas Kepala Cabang Pelni Medan-Belawan Budi Santoso.

Jumlah pemudik dengan kapal laut pada libur Natal dan Tahun Baru kali ini diperkirakan sedikit meningkat dibanding tahun sebelumnya.

"Prediksi kita meningkat sekitar 5 persen," ucap Budi.

Pada arus mudik Natal dan Tahun Baru ini, petugas tetap memeriksa penumpang dengan ketat. Bahkan, pihak Bea dan Cukai menemukan dan menyita minuman keras dari tas seorang penumpang. Minuman itu disebutkan akan dikonsumsi sang penumpang pada Natal dan Tahun Baru.

Sementara itu seorang pemudik mengaku memilih pulang dengan kapal terakhir karena ingin libur lebih lama di kampung halamannya.

"Saya dari Batam, rencananya libur Natal dan Tahun Baru di kampung, sekalian ada acara keluarga. Rencananya 2 minggu di kampung," ujar Lita boru Sitorus, seorang pemudik. (BS-001)

Tag:Natal