Peristiwa

Jalan Tol Kualanamu-Sei Rampah Bisa Dilalui Pemudik Saat Lebaran


Jalan Tol Kualanamu-Sei Rampah Bisa Dilalui Pemudik Saat Lebaran
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H T Erry Nuradi dan instansi terkait meninjau dan melakukan ujicoba jalan tol Tol Kualanamu-Sei Rampah, Selasa (13/06/2017). Jalan tol dengan panjang sekitar 41,6 km sudah siap dilalui pemudik Lebaran tahun 2017 dengan gratis.
 
"Alhamdulillah, jalan tol itu sudah bisa dioperasikan sebagai dukungan jalur alternatif mudik Lebaran 2017," ujar Gubsu didampingi Wagubsu Nurhajizah, Bupati Deli Serdang Azhari Tambunan, Bupati Serdang Bedagai Soekirman, Walikota Medan Dzulmi Eldin, Ketua TP PKK Evia Diana, Dirut Jasa Marga Kualanamu Tol Agus Suharjanto, Kepala BPN Sumut Bambang Priono, dan lainnya. 
 
Gubsu menjelaskan, menurut rencana, jalan tol itu difungsikan mulai H-10 hingga H+10 Idul Fitri. "Dengan dibukanya jalan tol Kualanamu-Sei Rampah diharapkan kemacaten lalu lintas berkurang di saat mudik dan balik Lebaran.Oleh karena masih uji coba, tentunya masih ada kekurangan di sana-sini sehingga masyarakat perlu hati-hati," jelas Gubsu.
 
Sementara itu, Dirut Jasa Marga Kualanamu Tol, Agus Suharjanto mengungkapkan, jalan tol tersebut memang sudah bisa dioperasikan sementara untuk keperluan membantu kelancaran lalu lintas arus mudik dan balik."Karena masih uji coba, perlu dukungan dan koordinasi kuat dengan berbagai jajaran," jelasnya.
 
Dia mengakui, karena uji coba juga, maka lalu lintas di jalan tol itu masih satu arah yakni digunakan pertama untuk arus mudik dan kemudian ditutup untuk digunakan sebagai arus balik.Jasa Marga sendiri menetapkan arus mudik mulai 15 Juni hingga 27 Juni dan balik 28 Juni hingga 2 Juli. "Namun ada permintaan jalan tol itu dioperasikan tanggal 19 Juni.Tentunya itu semua tergantung kesepakatan seluruh jajaran terkait," kata Agus.
 
Dengan selesainya Kualanamu-Sei Rampah, maka tinggal penyelesaian Sei Rampah-Tebingtinggi sepanjang 8,7 km lagi."Kalau Rampah-Tebingtinggi selesai, maka jarak Medan-Tebingtinggi 61,7 km itu selesai," sambungnya lagi.
 
Direktur Direktorat Lantas Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Raden Heru Prakoso menambahkan, penetapan kapan dibukanya sementara jalan tol Kualanamu-Sei Rampah itu baru dipastikan tanggal 14 Juni."Besok (Kamis, red) baru akan ada rapat koordinasi semua unsur terkait pengoperasian jalan tol Kualanamu-Sei Rampah itu," ujarnya.
 
Namun dia mengakui, pengoperasian jalan Tol Kualanamu-Sei Rampah itu  dipastikan sangat membantu kelancaran arus mudik dan balik Lebaran.Alasan dia, jalan tol itu akan menjadi altermatif kedua lalu lintas Medan-Tebingtinggi setelah ada melalui Galang.(BS03)

Tag:arus mudikarus balikJalan TolJalan Tol Kualanamu-Sei RampahlebaranMudik Lebaran