Rabu, 21 Agustus 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Jaka Dara Kota Medan 2019 Diharapkan Lestarikan Budaya dan Bangun Mental Generasi Muda

Jaka Dara Kota Medan 2019 Diharapkan Lestarikan Budaya dan Bangun Mental Generasi Muda

Sabtu, 20 Juli 2019 18:10:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH berharap Para Finalis Jaka Dara Kota Medan 2019, yang telah berhasil masuk ke Grand Final memiliki disiplin dan dedikasi sekaligus tanggung jawab yang tinggi serta mampu membangun Mental Generasi muda dan melestarikan budaya. Artinya para Jaka Dara mempunyai tanggung jawab dalam mempromosikan dunia Wisata dan kebudayaan termasuk Program pembangunan Kota Medan.
 
Demikian harapan ini disampaikan Wali Kota Medan, ketika Menghadiri Malam Grand Final Pemilihan Jaka Dara Kota Medan 2019 di Hotel Grand Aston, Jumat (19/07/2019). Hadir dalam kesempatan tersebut, Unsur Forkompinda, Plt Kadis Pariwisata, Renward Parapat, Pimpinan OPD, dan Para Dewan Juri, termasuk Juri Kehormatan, Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin SH, diwakili Wakil Ketua IV, Yurina Khairul Syahnan.
 
Malam Grand Final Pemilihan Jaka Dara Kota Medan 2019 semakin Meriah, dengan hadirnya Putri Indonesia Pariwisata 2018, Wilda Octaviana Situngkir. Selain itu Kemeriahan juga bertambah dengan penampilan 25 Pasangan Finalis Jaka Dara yang tampil dengan mengenakan Batik Medan Hasil  dari  Maharani Galery yang merupakan karya Ketua TP PKK Kota Medan yang juga Ketua Dekranasda, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin, SH.
 
Dikatakan Wali Kota, dilansir dari Pemkomedan.go.id, Sabtu (20/07/2019), pemilihan Jaka Dara ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan budaya bangsa dan daerah. "Kegiatan ini juga merupakan sarana Pengembangan bakat, kreatifitas dan kecerdasan para generasi muda kota Medan, artinya Kota Medan sebagai Kota Multikultural. Ajang pemilihan Jaka Dara seperti ini harus dapat membangun citra budaya yang khas kearifan lokal serta kepariwisataan di Kota Medan," ujarnya.
 
Gelar yang disandang para Finalis Jaka Dara ini, sambungnya, akan semakin berarti jika semua orang dapat merasakan kontribusi positif, terutama dalam hal pelestarian budaya dan pembangunan Mental Generasi di Kota Medan. "Untuk itu Saya minta Kepada Jaka Dara tahun 2019 agar dapat memperluas ilmu pengetahuan terutama terkait dengan kondisi dan karakter, budaya serta potensi pariwisata di Kota Medan," kata Wali Kota.
 
Menurut Wali Kota, begitu menyandang gelar Jaka Dara harus mengasah kemampuan dan ilmu pengetahuan, baik di bidang umum maupun akademik. Artinya Jaka Dara dituntut untuk memperbanyak ilmu dan menggali perkembangan informasi terkini, tentunya hal ini dapat dilakukan dengan membaca buku maupun informasi melalui internet. Sebab kedepannya Jaka Dara merupakan orang-orang yang berkualitas.
 
"Saya berharap kepada Finalis Jaka Dara untuk menjadi pelopor membentengi Generasi muda dari pengaruh negatif. Selain itu Finalis Jaka Dara menjadi pionir dalam membentuk generasi muda agar lebih mencintai budaya daerah dan menjauhi hal-hal negatif. Ini merupakan kesempatan kalian untuk mengukir prestasi dan kontribusi bagi Kota Medan," harap Wali Kota.
 
Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan, Renward Parapat menjelaskan ajang pemilihan Jaka Dara Kota Medan 2019 digelar sebagai upaya memotivasi dan mendorong generasi muda untuk ikut serta berperan aktif dalam promosi kepariwisataan sekaligus sebagai usaha menanamkan kecintaan terhadap seni dan kebudayaan daerah khususnya Kota Medan. "Malam Grand Final Jaka Dara ini Dewan Juri menjadi Faktor Penentu utama pemenang pemilihan Jaka Dara Kota Medan tahun 2019. Pada tahapan ini akan dipilih 4 pasang Jaka Dara, yaitu Jaka Dara Inteligensia, Jaka Dara Kepribadian, Jaka Dara Persahabatan dan Jaka Dara utama Kota Medan 2019," jelasnya.
 
Setelah mengikuti proses seleksi dan penjurian, terpilih Jaka Utama, Hutama Hafis Husaini, Dara Utama Ivani Helen Dimitia, Jaka Dara Persahabatan M Iqbal Aditya - Putri Wanita Aulia. Jaka Dara Kepribadian, Kevin Sabila - Tri Qori Indasari. Sedangkan Jaka Dara Intelegensia Muhammad Deni Kurniawan Pohan -  Sherina. Selanjutnya Wali Kota Medan menyematkan Tengkuluk Melayu dan Mahkota kepada Jaka Dara Utama Kota Medan 2019, dan memberikan Hadiah serta mengucapkan selamat kepada Jaka Dara Utama Kota Medan 2019. Dalam perhelatan ini keempat Jaka Dara mendapatkan hadiah dengan total 100 Juta Rupiah. (BS09)
T#g:JakaDara MedanPariwisata MedanPemko MedanWalikota Medan
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 21 jam lalu

    Hari Ini, 50 Pejabat Eselon IV Pemko Medan Dilantik Sekda

    Beritasumut.com-Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH, diwakili Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM, melantik 50 pejabat struktural Eselo

  • 22 jam lalu

    Pemko Medan Lantik Pengurus Pusat Informasi dan Konsultasi Remaja

    Beritasumut.com-Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Medan, drg Hj Usma Polita Nasution MKes, didampingi Camat Medan Tuntungan Topan OP G

  • 2 hari lalu

    375 Pekerja Usaha Ikuti Bimtek Pariwisata di Hotel Garuda Plaza Medan

    Beritasumut.com-Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata Kota Medan memberikan Pelatihan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada 375 pekerja usaha pariwis

  • 2 hari lalu

    Tingkatkan Pelayanan Publik, Pemko Medan Gelar Pelatihan Penyusunan SOP-AP

    Beritasumut.com-Pemko Medan senantiasa mendukung pelaksanaan tugas apratur, khususnya dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang semakin baik dan

  • 5 hari lalu

    Pemko Medan Bangga, Kelurahan Anggrung Juara 1 Kelurahan Terbaik Regional se-Sumatera

    Beritasumut.com-Kelurahan Anggrung, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan keluar sebagai Juara 1 kelurahan terbaik tingkat nasional wilayah regional

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.