Peristiwa

Jadi Tuan Rumah MTQ : Dairi Cerminan Kerukunan Umat Beragama di Sumut


Jadi Tuan Rumah MTQ : Dairi Cerminan Kerukunan Umat Beragama di Sumut
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com-Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ Tingkat Nasional ke-27 pada 2018 mendatang. Tidak hanya sukses sebagai penyelenggara, Provinsi Sumut pun juga diharapkan mampu sukses dari segi prestasi. 
 
Berbagai upaya persiapan dilakukan guna mencapai kedua target tersebut. Salah satunya sukses dalam penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi yang rencananya digelar di Kota Sidikalang Kabupaten Dairi pada 20 sampai 30 November 2017 mendatang.
 
Ada hal yang menarik dalam pelaksanaan MTQ tingkat Pemprovsu tahun ini. Betapa, masyarakat Dairi yang diketahui mayoritas beragama Nasrani ternyata sangat menyambut baik pelaksanaan MTQ di daerah mereka. Bahkan mereka siap mensukseskan acara tersebut.
 
“Ketua, Sekretaris dan Bendahara Panitia Kabupaten Dairi semuanya nasrani. Tapi ini tidak menjadi masalah bahkan tidak hanya masyarakat Dairi yang beragama islam saja yang semangat tetapi juga umat Nasrani sangat menyambut baik kegiatan MTQ ini,” ujar Wakil Ketua Harian LPTQ sekaligus Ketua Panitia MTQ Provsu Palit Muda Harahap, saat Coffee morning bersama Wakil Gubernur Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH di anjungan Lantai IX Kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan, Rabu (08/11/2017).
 
Dikatakan Palit Muda, saat ini Pangung utama sudah berdiri yang dibangun panitia Pemprovsu. Sedangkan fasilitas pendukung lainnya di sediakan oleh Panitia MTQ Kabupaten Dairi. “Terima kasih banyak kepada ibu Wakil Gubernur yang telah memfasilitasi pertemuan ini. Mudah-mudahan seperti kata Pak Asren, Sumut tidak hanya sukses sebagai penyelenggara tetapi juga sukses dalam prestasi,”jelasnya.
 
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur Sumut Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH, para dewan penyantun MTQ diantaranya Dr H Maslin Batubara, Prof Dr H Muhammad Yasir Nasution, Kasatpol PP sekaligus Ketua Harian LPTQ Sumut Dr Asren Nasution, perwakilan dewan penyantun dari kalangan ormas Islam dan BUMN dan BUMD pengurus LPTQ Sumut, pimpanan SKPD Provsu dan pengurus LPTQ Provsu.
 
Senada, dewan penyantun Prof Yasir Harahap mengatakan menegaskan bahwa toleransi dan kerukunan umat beragama di Sumut patut mendapat ancungan jempol. Maslin menyakini kalau penyelenggaran MTQ di Dairi akan berjalan sukses. “Itulah salah satu bukti kalau kita bersama-sama apapun masalah bisa kita melesaikan, kebersamaan ini membangun Sumut jadi lebih baik lagi. Perbedaan-Perbedaan ini hal yang alami, bukan menjadi alat perpecahan. Tidak ada masalah sebenarnya, yang penting segala ketentuan yang berlaku dalam peraturan itu kita jaga dengan baik. Dan kualitas kita bisa kita tingkatkan lebih baik lagi,”ujar Yasir Harahap. (BS03)

Tag:FKUB Sumutkerukunan beragamaMTQ Sumutnurhajizah marpaungPemkab DairiSumatera Utarawagubsu