Selasa, 18 Februari 2020
  • Home
  • Peristiwa
  • Ingat, PNS yang Cuti Lebaran Wajib Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Ingat, PNS yang Cuti Lebaran Wajib Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Rabu, 22 Mei 2019 20:45:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipili (PNS) yang bersiap-siap merayakan libur lebaran dengan memanfaatkan hari kejepit tanggal 31 Mei 2019 (hari Jumat) perlu berhati-hati, karena meski hari Kamis (30 Mei) merupakan hari libur nasional (Kenaikan Isa Al Masih), masih ada kewajiban yang harus dilaksanakan oleh PNS. Mereka harus mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila pada Sabtu, 1 Juni 2019.
 
Apakah itu berarti PNS harus kembali ke kantor di Jakarta? Sekretaris Badan Kepegawaian Negara (BKN) Supranawa Yusuf melalui Surat Edaran Kepala BKN Nomor 01 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2019 menyebutkan, seluruh pegawai BKN wajib mengikuti upacara bendera di Kantor Pusat BKN dan Kantor Regional BKN I-XIV, serta di Pusat Pengembangan BKN.
 
“Bagi pegawai BKN yang sedang menjalani cuti dapat mengikuti upacara di Kantor Pusat BKN, Kantor Regional I-XIV, atau Kantor Pemerintah Daerah (Pemda) sesuai keberadaan pegawai pada saat menjalani cuti,” demikian bunyi poin ke-3 Surat Edaran Kepala BKN seperti dilansir dari laman setkab, Rabu (22/05/2019).
 
Senada dengan para pegawai di BKN, para pegawai di lingkungan lembaga kepresidenan juga wajib mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, yang akan digelar di Lapangan Upacara Kementerian Sekretariat Negara pada 1 Juni 2019 pukul 07.45 WIB.
 
Kewajiban mengikuti upacara di Jakarta itu itu berlaku bagi para pejabat dan pegawai yang pada tanggal 1 Juni 2019 berada di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).Adapun bagi pejabat dan pegawai yang berada di luar Jadobetabek mengikuti upacara di Kantor Pemerintah Daerah sesuai keberadaan pejabat/pegawai.
 
“Pejabat dan pegawai yang mengikuti upacara di Kantor Pemerintah Daerah wajib mengirimkan bukti telah mengikuti upacara berupa foto dan dikirimkan ke atasan langsung,” bunyi Pengumuman Kementerian Sekretariat Negara Nomor: P. 02/TU/05/2019 tertanggal 22 Mei 2019, yang ditandatangani oleh Kepala Biro Tata Usaha Kemensetneg, Sari Harjanti.
 
Hal yang sama berlaku bagi para PNS BKN sebagaimana Surat Edaran Kepala BKN, bahwa bagi para pegawai yang sedang cuti wajib mengirimkan bukti telah mengikuti upacara berupa foto dan dikirimkan ke Kepala Unit Kerja masing-masing. (BS09)
 
T#g:ASNBKNlebaranMudikPNS
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 19 jam lalu

    Lestarikan Budaya Melayu, MABMI Medan Usulkan Agar ASN Pemko Kenakan Busana Melayu di Hari Jumat

    Beritasumut.com-Pengurus Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) Kota Medan menemui Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution

  • 2 hari lalu

    Evaluasi Awal CPNS Formasi 2019, Kepala BKN: Minimalkan Permasalahan Berulang di Tilok SKD

    Beritasumut.com-Kepala BKN Bima Haria Wibisana selaku Ketua Pelaksana Panselnas mengingatkan jajaran Tim CAT BKN agar meminimalkan permasalahan ber

  • 3 hari lalu

    Tinjau Pelaksanaan Ujian CPNS, Plt Wali Kota Medan Minta Peserta Percaya dengan Kemampuan Sendiri

    Beritasumut.com-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi meninjau pelaksanaan ujian untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)

  • 3 hari lalu

    Pemko Medan Siap Gelar Ujian SKD CPNS 2020

    Beritasumut.com-Menjelang pelaksanaan ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2020, Pemko

  • satu minggu lalu

    Bupati Asahan Minta Peserta Tak Percaya dengan Oknum yang Bisa Loloskan CPNS

    Beritasumut.com-Bupati Asahan H Surya BSc membuka secara resmi pelaksanaan ujian CPNS Formasi Tahun 2019 Kabupaten Asahan yang dimulai dari tanggal

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.