Peristiwa

Indonesian Coast Guard Susun Gambaran Operasional di Laut


Indonesian Coast Guard Susun Gambaran Operasional di Laut
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI, atau disebut Indonesian Coast Guard, bersama stakeholder berupaya menyusun konsep gambaran operasional dan membahas insiden di laut. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka pelatihan Incident Command System (ICS) II, bersama Mobile Training Team (MTT) United States Coast Guard (USCG) di Jakarta, beberapa waktu lalu.
 
Diikuti oleh 18 personel gabungan dari Bakamla/Indonesian Coast Guard, Polairud, Basarnas, dan USCG, materi yang diberikan dalam kegiatan ini tentang gambaran situasi, manajemen personel, dan juga praktik pelacakan sumber daya.
 
Kasubbag Humas Letkol Bakamla Mardiono, melalui siaran persnya, Selasa (16/07/2019) menyebutkan latihan ini sebagai salah satu bentuk menyinergikan seluruh kekuatan sumber daya di laut, terlebih saat menanggulangi sebuah insiden. Segala bentuk koordinasi yang dilakukan, akan bermuara ke Incident Command System.
 
"Diharapkan, pelatihan ini tidak hanya meningkatkan kapasitas personel, namun juga mempererat hubungan kerja sama yang baik antar lembaga, terlebih dalam menangai sebuah insiden di laut. Pelatihan yang diselenggarakan oleh Bakamla/Indonesian Coast Guard dan MTT USCG ini dihadiri oleh sejumlah jajaran pejabat Bakamla," ujarnya.
 
Dia menuturkan, Direktorat Latihan Bakamla/Indonesian Coast Guard berkomitmen untuk terus melaksanakan pelatihan yang serupa di masa mendatang. "Dengan demikian, ilmu yang telah diberikan dalam pelatihan ICS ini dapat diimplementasikan secara optimal dalam melakukan tugas pekerjaan personel sehari-hari," pungkasnya. (Rel)

Tag:Bakamla RIIndonesian CoastGuardOperasional Laut