Kamis, 12 Desember 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Indonesia Sponsori Konsensus Perangi Terorisme Akibat Kebencian pada Agama

Indonesia Sponsori Konsensus Perangi Terorisme Akibat Kebencian pada Agama

Kamis, 04 April 2019 11:39:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, menyampaikan bahwa tidak ada satu pun negara yang terbebas dari rasisme, intoleransi, dan kebencian.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Menlu RI Retno Marsudi pada saat pengesahan resolusi Sidang Majelis Umum (SMU) PBB untuk memerangi terorisme dan tindakan kekerasan yang dimotivasi oleh kebencian terhadap agama, di New York, Selasa (02/04/2019) Waktu Setempat.
 
Sebagai tanggapan dari semakin berkembangnya fenomena ini, Menlu RI menegaskan bahwa diperlukan aksi bersama untuk mendorong dialog global yang mempromosikan toleransi dan perdamaian.
 
Upaya tersebut, lanjut Menlu, termasuk memajukan dialog antar agama dan antar peradaban di dunia.
 
“Sebagai negara yang terdiri dari berbagai ras, suku etnis, dan agama, Indonesia menyampaikan kesiapannya untuk berbagi pengalaman mengenai kultur kebinekaan yang telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia,” ujar Menlu, seperti dilansir setkab.go.id.
 
Indonesia, sambung Retno, merupakan salah satu dari co-sponsor resolusi yang dengan tegas menyikapi aksi terorisme di Christchurch, Selandia Baru pada tanggal 15 Maret 2019.
 
Ia menyampaikan bahwa Indonesia mengecam keras aksi terorisme yang menyebabkan 50 korban meninggal, termasuk satu orang warga negara Indonesia, serta puluhan korban cedera lainnya.
 
Sebelumnya, pada tanggal 15 Maret 2019, Indonesia bersama Kuwait telah mensponsori Press Statement DK PBB yang mengutuk kejadian keji ini.
 
Dengan telah disahkannya Resolusi SMU PBB melalui konsensus, maka upaya Indonesia untuk menyikapi secara cepat dan tegas aksi terorisme di Christchurch telah berhasil mendapatkan dukungan lebih luas dari negara-negara di dunia.
 
Pada saat yang sama, Menlu RI menggarisbawahi pentingnya peran pemerintah dalam menciptakan dan memelihara budaya toleransi di kalangan masyarakat.
 
Untuk itu, Menlu RI menyampaikan apresiasi kepada pimpinan dan masyarakat Selandia Baru yang cepat bereaksi dan menunjukkan solidaritasnya terhadap umat Muslim pasca aksi terorisme di Christchurch.(BS01)
T#g:Majelis PBBPBBteroristerorisme
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 6 hari lalu

    Jumat Berkah, Polsek Medan Baru Imbau Masyarakat Lawan Aksi Teror

    Beritasumut.com-Polsek Medan Baru menghimbau masyarakat lawan aksi teror dan kejahatan di jalanan atau begal. Sebab para pelaku kejahatan berhasil

  • 7 hari lalu

    Antisipasi Teror, Polsek Pancur Batu Tingkatkan Pengamanan Jelang Natal dan Tahun Baru

    Beritasumut.com-Polsek Pancur Batu kembali meningkatkan pengamanan menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru 2020. Sehingga wilayah hukum Polsek Panc

  • 2 minggu lalu

    Antisipasi Teror, Polsek Pancur Batu Kuatkan Hubungan dengan Masyarakat

    Beritasumut.com-Polsek Pancur Batu mulai melakukan pembinaan dan menguatkan hubungan dengan masyarakat untuk menjaga situasi kamtibmas semakin kond

  • 2 minggu lalu

    PP 77 Tahun 2019: Jaksa, Penuntut Umum dan Hakim Tindak Pidana Terorisme Beserta Keluarganya Wajib Diberi Perlindungan

    Beritasumut.com-Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 77 Tahun 2019 tentang Pencegahan Tindak Pidana Terorisme dan Perlindungan Terhadap Penyidik, Penunt

  • 3 minggu lalu

    Kemenag Janji Akan Bina Pesantren Radikal Hasil Temuan BNPT

    Beritasumut.com-Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyatakan akan terus memantau perkembangan pesantren-pesantren yang ada di Indonesia. Hal ini d

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.