Kamis, 22 Agustus 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Indonesia Sponsori Konsensus Perangi Terorisme Akibat Kebencian pada Agama

Indonesia Sponsori Konsensus Perangi Terorisme Akibat Kebencian pada Agama

Kamis, 04 April 2019 11:39:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, menyampaikan bahwa tidak ada satu pun negara yang terbebas dari rasisme, intoleransi, dan kebencian.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Menlu RI Retno Marsudi pada saat pengesahan resolusi Sidang Majelis Umum (SMU) PBB untuk memerangi terorisme dan tindakan kekerasan yang dimotivasi oleh kebencian terhadap agama, di New York, Selasa (02/04/2019) Waktu Setempat.
 
Sebagai tanggapan dari semakin berkembangnya fenomena ini, Menlu RI menegaskan bahwa diperlukan aksi bersama untuk mendorong dialog global yang mempromosikan toleransi dan perdamaian.
 
Upaya tersebut, lanjut Menlu, termasuk memajukan dialog antar agama dan antar peradaban di dunia.
 
“Sebagai negara yang terdiri dari berbagai ras, suku etnis, dan agama, Indonesia menyampaikan kesiapannya untuk berbagi pengalaman mengenai kultur kebinekaan yang telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia,” ujar Menlu, seperti dilansir setkab.go.id.
 
Indonesia, sambung Retno, merupakan salah satu dari co-sponsor resolusi yang dengan tegas menyikapi aksi terorisme di Christchurch, Selandia Baru pada tanggal 15 Maret 2019.
 
Ia menyampaikan bahwa Indonesia mengecam keras aksi terorisme yang menyebabkan 50 korban meninggal, termasuk satu orang warga negara Indonesia, serta puluhan korban cedera lainnya.
 
Sebelumnya, pada tanggal 15 Maret 2019, Indonesia bersama Kuwait telah mensponsori Press Statement DK PBB yang mengutuk kejadian keji ini.
 
Dengan telah disahkannya Resolusi SMU PBB melalui konsensus, maka upaya Indonesia untuk menyikapi secara cepat dan tegas aksi terorisme di Christchurch telah berhasil mendapatkan dukungan lebih luas dari negara-negara di dunia.
 
Pada saat yang sama, Menlu RI menggarisbawahi pentingnya peran pemerintah dalam menciptakan dan memelihara budaya toleransi di kalangan masyarakat.
 
Untuk itu, Menlu RI menyampaikan apresiasi kepada pimpinan dan masyarakat Selandia Baru yang cepat bereaksi dan menunjukkan solidaritasnya terhadap umat Muslim pasca aksi terorisme di Christchurch.(BS01)
T#g:Majelis PBBPBBteroristerorisme
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • kemarin

    TNI-SAF Selenggarakan Latma Counter Terrorism Command Post Exercise Tahun 2019

    Beritasumut.com-Paban VII/Sops TNI, Kolonel Inf Achmad Budi Handoyo, bersama Head of Singapore Armed Forces (SAF) Combined Ops Group (COG), Kolonel

  • 3 minggu lalu

    Asops Panglima TNI: Terorisme Jadi Ancaman Kemanusiaan Bangsa-Bangsa di Dunia

    Beritasumut.com-Situasi global saat ini menunjukkan bahwa terorisme menjadi ancaman kemanusiaan yang dihadapi oleh bangsa-bangsa di dunia, termasuk

  • satu bulan lalu

    Kasum TNI Hadiri Konferensi Pangab di Markas Besar PBB New York

    Beritasumut.com-Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto, mewakili Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto SIP, menghadiri 3rd United Nations Chiefs o

  • 2 bulan lalu

    Wakil Sekjen PBB Urusan Pasukan Perdamaian Sambangi Markas Komando PMPP TNI

    Beritasumut.com-Komandan Pusat Misi Pasukan Perdamaian TNI (PMPP TNI) menerima kunjungan kehormatan United Nation Under Secretary General Peacekeep

  • 2 bulan lalu

    Presiden Teken Perpres Nomor 30 Tahun 2019 tentang Keanggotaan Indonesia pada Organisasi Internasional

    Beritasumut.com-Dengan pertimbangan bahwa Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 64 Tahun 1999 tentang Keanggotaan Indonesia dan Kontribusi Pemerintah

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.