Peristiwa

Hujan Deras, Air di Sungai Sikambing Naik 2,5 Meter


Hujan Deras, Air di Sungai Sikambing Naik 2,5 Meter
BERITASUMUT.COM/BS04
Beritasumut.com-Berdasarkan monitoring yang dilakukan oleh Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Medan, akibat hujan deras yang terjadi di Kota Medan, Jumat (05/10/2018) mengakibatkan debit air sungai mengalami peningkatan hingga 2,5 meter.Sejumlah ruas jalan di Kota Medan pun mengalami kebanjiran.
 
Koordinator Pusdalops BPBD Medan, M Yunus mengungkapkan Daerah Aliras Sungai (DAS) Sei Sikambing berdasarkan pengukuran yang dilakukan di Jembatan Jalan Sei Batanghari, pada pukul 18.47 WIB, debit air pada sungai ini mengalami kenaikan 1 meter (100 cm) hingga 2,5 meter (250 cm)."Warna air sungai terlihat kecoklatan, dan arusnya juga deras," ungkapnya kepada wartawan.
 
Kenaikan debit air juga terjadi di Sungai Sunggal dan Sungai Deli.Yunus memaparkan, berdasarkan monitoring yang dilakukan jembatan PDAM Sunggal pukul 18.45 WIB, sungai ini mengalami kenaikan sebanyak 30 cm hingga 60 cm.
 
Sedangkan untuk Sungai Deli, berdasarkan monitoring yang dilakukan di jembatan Jalan Juanda, debit air tercatat mengalami kenaikan sejauh 60 cm hingga 80 cm."Untuk warna air kedua sungai terlihat keruh. Sedangkan untuk arus, DAS Sunggal normal, namun DAS Deli arusnya deras," pungkasnya. (BS04)

Tag:BanjirHujanSungai Sikambing