Selasa, 25 Juni 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Hotspot Meningkat di Kalimantan Barat, BNPB Upayakan Hujan Buatan

Hotspot Meningkat di Kalimantan Barat, BNPB Upayakan Hujan Buatan

Jumat, 19 Agustus 2016 16:17:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Hotspot Meningkat di Kalimantan Barat, BNPB Upayakan Hujan Buatan
Beritasumut.com-Dalam seminggu terakhir titik panas (hotspot) di Kalimantan Barat meningkat secara signifikan. Satelit Modis dari NASA mendeteksi 158 hotspot di Kalimantan Barat pada Jumat pagi (19/8/2016). Sebelumnya pada 18/8/2016, jumlah hotspot di Kalimantan Barat sebanyak 106 hotspot. 
 
Gubernur Kalimantan Barat,Drs Cornelis MH telah menetapkan siaga darurat untuk kebakaran hutan dan lahan yang berlaku sejak tanggal 1 Juni 2016 hingga 1 September 2016. Tak hanya itu, demi mengatasi hotspot kebakaran hutan dan lahan yang meluas, Gubernur juga mengajukan surat permintaan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) agar membantu mengatasi situasi ini dengan mengirimkan helikopter water bombing, hujan buatan dan helikopter patroli.
 
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pihaknya telah menyiapkan 2 helikopter water bombing.
 
"Perijinan terbang ke Kementerian Perhubungan saat ini masih diproses. BPPT akan menyiapkan pesawat terbang Casa TNI AU dan bahan semai untuk hujan buatan. Diperkirakan hujan buatan dapat dilakukan minggu depan," terang Sutopo seperti yang dilansir dalam siaran pers BNPB, Jum'at (19/08/2016).
 
Menurutnya, keterbatasan pesawat terbang menyebabkan operasi hujan buatan seringkali terkendala. "Untuk mengcover wilayah Kalimantan yang luas, kita memerlukan pesawat Hercules C-130 yang mampu menjelajah luas dan membawa bahan semai 8 ton untuk hujan buatan," tandasnya. (BS02)
T#g:
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Dilantik Jadi Gubernur, Arinal Djunaidi Ingin Lampung Berjaya di Masa Depan

    Beritasumut.com-Gubernur Lampung periode 2019-2024, Arinal Djunaidi, yang baru saja bersama Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim, dilantik oleh

  • 4 bulan lalu

    BMKG I Medan Pantau Ada 3 Titik Panas di Sumut

    Beritasumut.com-Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Syahnan menyebutkan jik

  • 4 bulan lalu

    Dua Titik Panas Terpantau BKMG di Madina

    Beritasumut.com-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali menemukan adanya titik panas (hotspot) di wilayah Sumatera Utara (Sumut)

  • 4 bulan lalu

    Presiden Jokowi Lantik Syamsuar dan Edy Nasution Jadi Gubernur dan Wagub Riau 2019-2024

    Beritasumut.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Syamsuar dan Edy Nasution sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Riau periode 2019-2024

  • 5 bulan lalu

    Titik Panas Mulai Terdeteksi di Sumut

    Beritasumut.com-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mulai mendeteksi adanya titik panas (hotspot) di wilayah Sumatera Utara (Sumut),

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.