Peristiwa

Hingga Mei, BPPOM Medan Tangani 32 Kasus Produk Pangan Senilai Rp 1,9 Miliyar


Hingga Mei, BPPOM Medan Tangani 32 Kasus Produk Pangan Senilai Rp 1,9 Miliyar
Beritasumut.com/Ilustrasi
BBPOM

Beritasumut.com-Hingga Mei tahun 2016, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Medan menangani sebanyak 32 kasus dengan mengamankan 378 jenis produk dan 203.006 kemasan dengan nominal senilai 1,9 Miliyar.

Dari kasus tersebut, 10 kasusnya sudah diproses hukum. "Terhadap 22 kasus lainnya masih dilakukan pengembangan, pembinaan dan peringatan keras," terang Kepala BBPOM Medan Ali Bata Harahap melalui Kepala Seksi Penyidikan BBPOM Ramses Doloksaribu.

Dengan produk ilegal yang beredar di pasar ini, Ramses mengatakan sangat merugikan negara. Selain itu juga, memperburuk persaingan pasar serta tidak menjamin adanya keamanan pangan.

Sebelumnya, Ramses juga mengaku sudah meminta agar distributor pangan dapat lebih intens dalam mengawasi produk yang mereka distribusikan selama Ramadhan. Tak hanya di kalangan distributor, Ramses juga menjelaskan sudah menyurati seluruh dinas kesehatan di seluruh Kabupaten/kota, supaya turut melakukan pengawasan.

Bahkan sambung Ramses, pihaknya juga akan melakukan uji sampling terhadap jajanan berbuka puasa yang banyak bertebaran di Kota Medan. "BBPOM bersama lintas sektor lainnya seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Badan Ketahanan Pangan (BKP), serta Dinas Kesehatan Kota Medan, akan melakukan uji sampling terhadap jajanan berbuka puasa," jelasnya. (BS04)


Tag: