Minggu, 22 September 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Hadiri Rakernis APEKSI 2017, Walikota Medan Paparkan Tiga Proyek KPBU

Hadiri Rakernis APEKSI 2017, Walikota Medan Paparkan Tiga Proyek KPBU

Kamis, 14 September 2017 23:10:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menghadiri Rapat Kerja Teknis Asosiasi Pemerintahan/Kota Seluruh Indonesia (Rakernis APEKSI) tahun 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (CBD), Tangerang, Kamis (14/09/2017).  
 
Ketua Dewan Pengurus APEKSI Airin Rachmi Diany SH MH dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2015-2019, kebutuhan pendanaan di bidang infrastruktur sangat tinggi.Dikatakannya, dana dari APBN dan APBD hanya mampu menutupi setengah (50%) dari jumlah total dana yang dibutuhkan.
 
Oleh karenanya, jelas Airin, diperlukan pendanaan dari sumber  lain yakni swasta melalui mekanisme KPBU. “KPBU merupakan pembiayaan untuk merancang, membangun dan mengoperasikan proyek-proyek infrastrukltur kepada swasta, bukan  merupakan pengalihan kewajiban pemerintan dalampenyediaan layanan kepada masyarakat,” kata Airin.
 
Sementara itu, Walikota Medan Dzulmi Eldin usai Rakernis APEKSI 2017 mengatakan, Kota Medan kini dalam tahap pelaksanaan KPBU. Dikatakannya, saat ini secara bersamaan ada dua proses KPBU yang sedang dijalankan di Kota Medan yakni KPBU Transportasi Kota Medan dalam bentuk penyediaan sistem angkutan umum massal berupa Light Rail Transit (LRT) dan Bus Rapid Transport (BRT), serta KPBU pengembangan RSUD Dr Pirngadi Medan.
 
Dalam pelaksanaan proyek KPBU ini, Eldin menjelaskan, pihaknya selaku Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) berkolaborasi dengan beberapa kementerian terkait di antaranya Kementrian PPN/Bappenas selaku pemberi faslitas penusunan Pra Studi Kelayakan Awal (OBC) dalam tahap perencanaan.
 
“Selanjutnya Kementerian Keuangan selaku pemberi Fasilitas Pengembangan Proyek (PDF) dalam tahapan penyiapan dan transaksi. Lalu, Kementrian Sektoral selaku pembei failitas dukungan pemerintah dan PT Penjamin Infrastruktur Indonesia (PII) selaku pemberian jaminan pemerintah,” jelas Walikota.
 
Eldin memaparkan, tujuan masing-masing proyek KPBU tersebut. Dijelaskannya, KPBU Transportasi bertujuan menyediakan sistem angkutan umum massal yang nyaman, handal dan terpadu guna meningkatkan aksebilitas dan konektifitas dengan mempertimbangkan aspek teknis, keuangan, ekonomi dan lingkungan.
 
“Sedangkan tujuan KPBU RSUD Dr Pirngadi diantaranya untuk membangun newming untuk meningkatkan pelayanan kepada pasien, termasuk pasien umum dengn menyediakan pelayanan medis dengan menyediakan pelayanan medis canggih, nyaman dan mudah dibandingkan dengan layanan yang sekarang ada,” terangnya.
 
Sebelumnya pagi harinya di tempat yang sama, Walikota juga menghadiri acara Indonesia Future City dan REI Mega Expo 2017. Pameran yang berlangsung selama 10 hari dan diikuti 500 peserta ini dibuka oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Reublik Indonesia Tjahjo Kumulo.
 
Event ini diikuti peserta dari unsur pemerintah baik pusat maupun daerah yang tergabung dalam APEKSI, pelaku industri dan swasta yang fokus pada pengembangan dan penyediaan fasilitas kota masa depan. Diharapkan melalui forum ini dapat membangun kota masa depan yang komprehensif.(BS03)
 
T#g:ApeksiProyekRSUD Dr Pirngadi MedanWalikota Medan
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Walikota Medan Hadiri Syukuran dan Penyambutan Jemaah Haji Yang Telah Kembali

    Beritasumut.com-Sebagai ungkapan rasa syukur karena seluruh jemaah haji asal Kota Medan telah seluruhnya kembali, usai menunaikan Rukun Islam kelim

  • satu minggu lalu

    Walikota Medan Terima Kunjungan Tim Pembentukan Balai Diklat MA

    Beritasumut.com-Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH menerima kunjungan silaturrahmi dari Tim Pembentukan Balai Diklat Mahkamah Agung (MA)

  • 2 minggu lalu

    Sejak 2016, Pemerintah Rampungkan 81 Proyek Strategis Nasional Dengan Investasi Rp 390 Triliun

    Beritasumut.com-Terhitung sejak tahun 2016 hingga Agustus 2019, pemerintah telah merampungkan 81 Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan nilai inves

  • 3 minggu lalu

    Perebutan Piala Wali Kota Medan Kompetisi Sepakbola U-12, U-14 dan U-16 Dibuka

    Beritasumut.com-Sebanyak 61 tim mengikuti Kompetisi Sepakbola U-12, U-14 dan U-16 yang diselenggarakan Askot PSSI Kota Medan memperebutkan Piala Be

  • 3 minggu lalu

    Ekspose Penyiapan Data Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan Dibuka Walikota Medan

    Beritasumut.com-Petani yang bergerak di bidang pertanian pangan adalah lini utama dari ketahanan pangan di Indonesia. Karena itu, sejak lama pemeri

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.