Peristiwa

Hadapi Mudik Lebaran, Pemprov Sumut Identifikasi Jalur Rawan Bencana


Hadapi Mudik Lebaran, Pemprov Sumut Identifikasi Jalur Rawan Bencana
beritasumut.com/ist
Salah satu jalur mudik di Sumut

Beritasumut.com-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) akan mengidentifikasi lokasi jalan yang rawan bencana, khususnya jalur mudik jelang Lebaran. Alat berat pun disiapkan untuk antisipasi.

Menurut Kepala Dinas Bina Marga Sumut Effendi Pohan meskipun waktu Lebaran masih lama, namun persiapan sudah harus dilakukan. "Kita identifkasi dulu dari awal, mana yang rawan longsor, padat dan lainnya," ujar Effendi kepada wartawan Rabu (08/06/2016).

Persiapan itu, kata Effendi, akan dilakukan bersama dengan instansi lain seperti Balai Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah I, Dinas Perhubungan dan dikoordinir Pemprov Sumut.

"Nanti dibentuk timnya dari Pemprov Sumut. Biasanya kita nanti yang ditunjuk untuk menyiapkannya," sebutnya.

Adapun persiapan yang dilakukan pihaknya lanjut Effendi diantaranya penyediaan alat berat untuk membantu mengatasi masalah bencana seperti longsor dan jalan rusak.

"Kita kan ada UPT (Unit Pelaksana Teknis) di daerah. Terutama untuk di kawasan rawan, akan disiapkan alat berat," sebutnya.

Pihaknya bersama dengan sejumlah instansi, termasuk Kepolisian, akan menyiapkan posko-posko menjelang datangnya lebaran nanti. Sebab, persiapan tersebut harus dilakukan sejak awal.

"Mana jalur yang rawan dan ramai dilalui kendaraan, itu yang jadi perhatian kita. Jadi nanti, semua aspek akan disiapkan," pungkasnya.(BS03)


Tag: