Peristiwa

Grab Hadirkan GrabShare, Layanan Carpool Komersial untuk Tarif Perjalanan yang Lebih Hemat di Medan


Grab Hadirkan GrabShare, Layanan Carpool Komersial untuk Tarif Perjalanan yang Lebih Hemat di Medan
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Setelah diluncurkan secara perdana di Jakarta, Grab, platform aplikasi pemesanan kendaraan dan pembayaran mobile terkemuka di Asia Tenggara, Rabu (09/08/2017) menghadirkan layanan carpool komersialnya, GrabShare di Medan. 
 
Dengan GrabShare, warga kota Medan kini dapat menikmati perjalanan yang lebih nyaman dengan tarif yang lebih terjangkau, sementara mitra pengemudi juga akan memperoleh pendapatan lebih besar dengan menerima dua pemesanan penumpang dalam satu perjalanan. GrabShare adalah layanan transportasi kelima yang tersedia di Medan, melengkapi layanan GrabCar (pemesanan mobil), GrabBike (pemesanan motor), GrabTaxi (pemesanan taksi) dan GrabExpress (pemesanan kurir) yang telah tersedia.
 
“Setelah memperoleh sambutan yang sangat baik dari para pengguna Grab di Jakarta sejak Maret 2017, kami melihat adanya peluang untuk meningkatkan kualitas perjalanan harian dan mengurangi kemacetan di Medan, kota metropolitan terbesar di luar Pulau Jawa yang juga tidak dapat terhindar dari kemacetan lalu lintas."
 
"GrabShare hadir di kota ini untuk menekan jumlah komuter yang melakukan perjalanan seorang diri, di mana banyak mobil yang seringkali hanya membawa satu orang penumpang melintasi jalan-jalan di seputaran kota Medan. Dengan layanan ini, kami berharap dapat mengoptimalkan penggunaan mobil guna mengatasi kemacetan seraya melayani kebutuhan transportasi warga Medan dengan layanan yang kian inovatif dan kaya manfaat,” papar Mediko Azwar, Marketing Director Grab Indonesia.  
 
GrabShare memungkinkan dua pemesanan penumpang yang memiliki rute perjalanan searah dan hanya memperbolehkan maksimal empat penumpang dalam satu perjalanan sehingga memungkinkan penumpang mencapai lokasi tujuannya dengan segera namun tetap merasa nyaman sepanjang perjalanan. Sebelum sampai di tujuan, penumpang hanya akan menempuh paling banyak dua titik pemberhentian. Sebagai contoh, jika penumpang A memulai perjalanannya dan dipasangkan dengan penumpang B sesuai dengan rute yang paling efisien, maka penumpang A hanya akan berhenti dua kali untuk menjemput dan mengantarkan penumpang B.
 
Dirancang di tiga pusat R&D Grab di Singapura, Seattle, dan Beijing, algoritma sistem pencocokan GrabShare menjamin penumpang mencapai lokasi tujuan dalam waktu sesingkat mungkin. Algoritma berperan dalam menghitung dan menentukan pencocokan dengan mempertimbangkan ketersediaan mitra pengemudi yang berada dalam jarak terdekat, waktu perjalanan, rute perjalanan yang saling berkaitan, jarak perjalanan memutar, dan kondisi lalu lintas terkini sebelum mengurutkan lokasi penjemputan dan pengantaran. 
 
"Bagi mitra pengemudi, GrabShare difokuskan untuk memaksimalkan potensi pendapatan dengan menekan waktu dan jarak yang ditempuh dalam satu perjalanan, sehingga memungkinkan mitra pengemudi untuk menerima lebih banyak pemesanan per jam dan meningkatkan pendapatannya seraya mengurangi konsumsi bahan bakar," pungkas Mediko. (Rel)
 

Tag:Go-JekGo JekGrabGrabShareTransportasi Online