Peristiwa

Gara-gara Salah Dengar, Itulah Alasan Tahanan Rutan Kabanjahe Nekat Melarikan Diri


Gara-gara Salah Dengar, Itulah Alasan Tahanan Rutan Kabanjahe Nekat Melarikan Diri
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI
Beritasumut.com-Hanya gara-gara salah dengan saat pembacaan vonis, tahanan Rutan Kelas II Kabanjahe bernama Roni Sanjaya Sitepu nekat melarikan diri pada Rabu (18/7/2018) lalu. Diantar oleh keluarganya, Sitepu akhirnya menyerahkan diri ke Polres Tanah Karo, Senin (23/07/2018) malam.
 
“Puji syukur sudah diamankan tadi malam tahanan yang kabur itu. Dia menyerahkan diri sekitar pukul 23.30 WIB dan diamankan di sekitar Tugu Kol Berastagi.Tahanan kabur itu diserahkan sama keluarganya secara baik-baik dan tidak ada kurang suatu apapun. Karena sudah kita imbau ke keluarga. Mungkin kalau tidak kita imbau ke keluarganya, nggak bakal diserahkan juga dia itu,” ujar Kapolres Tanah Karo AKBP Benny R Hutajulu, Selasa (24/07/2018).
 
Kapolres menambahkan, Sitepu nekat lari karena salah dengar saat pembacaan vonis."Dia bilang vonis yang didengarnya bukan 3 tahun tapi 13 tahun, makanya dia lari," ujar Kapolres.
 
“Kalau 13 tahun saya di dalam penjara, mau jadi apa saya pak menghadapi keluarga,” sambung Kapolres menirukan ucapan Sitepu.
 
Kapolres menuturkan untung saja terdakwa tidak lebih jauh lagi mendengar vonisnya dari 3 ke 13. Kalau sempat dengar vonis selama 30 tahun kurungan penjara bisa bahaya.“Untung aja nggak 30 tahun dia dengar vonisnya, kalau dengarnya segitu bisa bunuh diri terdakwa itu.Alasan dia melarikan diri cuma karena salah dengar vonis hukumannya,” jelas Benny.
 
Sebelumnya diberitakan, Sitepu merupakan tersangka dalam Kasus 363 Ayat 2 Subsider 363 Ayat 1 Ke 3,4 KUHP. Sitepu melarikan diri dari halaman parkir Rutan Kelas II Kabanjahe usai persidangan di Pengadilan Negeri Kabanjahe."Setelah menyerahkan diri terdakwa sudah dikembalikan ke Rutan Kelas II Kabanjahe, untuk melanjutkan masa tahanan," pungkas Kapolres.(BS04)

Tag:Polres Tanah KaroRoni Sanjaya SitepuRutan KabanjeTahanan Kabur