Sabtu, 20 April 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Formapaskal Tolak Gedung Sekolah Khalsa Medan Dikontrakkan

Formapaskal Tolak Gedung Sekolah Khalsa Medan Dikontrakkan

Jumat, 08 September 2017 23:10:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS04
Beritasumut.com-Sejumlah pengurus Forum Masyarakat Peduli Sekolah Khalsa (Formapaskal) Medan menuding kepengurusan Sekolah Khalsa Medan di Jalan Teuku Umar No.14-16, Medan, diduga ilegal. 
 
Tudingan itu didasarkan atas pembentukan pengurus sekolah yang hanya melalui satu yayasan serta tidak pernah mendapat persetujuan dari semua pembina dan pengurus Yayasan Gurdwara Parbhandak Committee (GPC) Medan, selaku pemilik aset lembaga pendidikan tersebut. 
 
Ketua Umum Perhimpunan Masyarakat Punjabi Sikh Indonesia Salwinder Singh Roy didampingi sejumlah pengurus lainnya, Mohan Singh, Gurdip Singh dan Sardul Singh di halaman Sekolah Khalsa Medan, Jumat (08/09/2017) mengungkapkan, gedung Sekolah Khalsa adalah milik GPC Medan. 
 
Nah, tanpa ada pemberitahuan kepada pengurus GPC, oknum pengurus sekolah ilegal tersebut diduga belum lama ini telah mengontrakkan atau meminjamkan sebagian bangunan sekolah, tepatnya yang menghadap ke Jalan Pagaruyung kepada salah satu pengurus akademi yang berlokasi di Padang Bulan.
 
"Formapaskal, Gurdwara dan masyarakat tegas menolak bangunan atau gedung Sekolah Khalsa dikontrakkan. Sekolah ini milik masyarakat, pengelolaannya sejak tahun 1931 di bawah pengurusan rumah ibadah umat Sikh/Gurdwara Besar Medan," jelasnya.
 
Mohan Sikh menambahkan, Sekolah Khalsa merupakan sekolah swasta pertama di Indonesia yang menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan tinggi terkenal, yakni Cambridge University di Inggris, berdiri tahun 1933, yang awalnya bernama King George C School. 
 
Tahun 1929 sampai 1932, sejumlah komponen masyarakat, mulai dari etnis Melayu, Batak, Tionghoa, Punjabi, Tamil, Shindi, Pakistan, Afghanistan, Srilanka dan lainnya, menyumbang dana pembangunan Sekolah Khalsa. Saat itu sumbangan berbentuk mata uang Belanda, Gulden. "Sultan Deli ikut menyumbang 50 gulden," kata Mohan sambil menunjukkan daftar penyumbang yang dibuat pada tanggal 31 Oktober 1933.
 
Maka dari itu, baik Roy, Mohan dan pengurus Perhimpunan Masyarakat Punjabi Sikh Indonesia lainnya menghendaki Sekolah Khalsa bisa beroperasi seperti sedia kala dengan pengelolaan yang profesional, transparan dan terbuka. "Tidak seperti selama ini yang one man one show," kata mereka.
 
Di tempat yang sama, terlihat ada perwakilan dari Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) yang menyewa sebagian gedung Sekolah Khalsa. Saat ditanya wartawan, pria yang tidak mau disebutkan namanya itu, membenarkan jika pihaknya sudah mengontrak sebagian gedung Sekolah Khalsa. "Iya, sebagian yang empat tingkat. Itu masih dalam tahap pengerjaan, lagi pengecatan," akunya.
 
Saat disinggung soal polemik pengurus yayasan sekolah itu, apakah tidak berimbas dengan kontrak yang sudah mereka sepakati, pria tersebut tak bersedia memberi jawaban. "Nanti saja, sama kepala yayasan sekolah ini (Santokh Singh alias Tommy Cs). Sebentar lagi beliau datang," jawabnya.
 
Tak berapa lama, pria yang diduga merupakan Santokh Singh alias Tommy Cs tiba. Namun sayang, sikapnya tak bersahabat dengan wartawan. Dia mengusir wartawan agar keluar dari area sekolah. "Maaf, kalau tidak berkepentingan silakan keluar. Kebetulan pintu pagar mau ditutup," katanya.(BS04)
 
T#g:FormapaskalSekolahSekolah Khalsa MedanSengketa
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Cegah Sengketa Tanah, Kementerian ATR/BPN Serahkan 1.507 Sertifikat Tanah Wakaf

    Beritasumut.com-Pemerintah melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) semakin serius dalam mencegah kasus sengk

  • 3 minggu lalu

    Unimed Seleksi 400 Calon Guru Sekolah Indonesia di Malaysia

    Beritasumut.com–Universitas Negeri Medan menjadi salah satu PTN yang menyelenggarakan seleksi calon guru untuk sekolah Indonesia di Malaysia.

  • satu bulan lalu

    Bupati Langkat Usulkan Penambahan Gedung Sekolah dan Pembangunan Jalan ke Objek Wisata

    Beritasumut.com-Bupati Langkat Terbit Rencana PA didampingi Wakil Bupati Langkat H Syah Afandin SH, secara resmi membuka pelaksanaan Musrenbang pen

  • satu bulan lalu

    Presiden Jokowi Serahkan KIP di Balige, Gubernur Sumut Sampaikan SMKN 1 Balige Sudah Ikut Program Revitalisasi

    Beritasumut.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) secara simbolis kepada para siswa sekolah dasar (SD) hingga

  • satu bulan lalu

    Presiden Jokowi: Setalah SD, SMP, SMA/SMK, Tahun Depan Akan Dikeluarkan KIP untuk Kuliah

    Beritasumut.com-Setelah mengeluarkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk siswa SD, SMP, hingga SMA/SMK, pemerintah berencana akan mengeluarkan KIP u

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.