Peristiwa

Fisipol UMA Studi Field Trip ke PDAM Tirtanadi


Fisipol UMA Studi Field Trip ke PDAM Tirtanadi
Google

Medan, (beritasumut.com) – Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Medan Area (Fisipol UMA) melakukan studi field trip ke PDAM Tirtanadi Provinsi Sumut guna mengetahui dan melihat langsung kondisi perusahaan BUMD milik Pemprov Sumatera Utara yang mengelola distribusi air ke pelanggan.

Rombongan dipimpin Dekan Fisipol Dr Abdul Kadir didampingi Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Effinti Julianna dan dosen mata kuliah kehumasan Novri MM berjumlah 18 orang mahasiswa itu disambut Kadiv PR Amrun dan Kabid Publikasi dan Informasi Jumirin di Kantor Pusat PDAM, Jalan SM Raja, Medan, Kamis (12/12/2013).

Kadiv PR Amrun mengatakan, hubungan baik yang terbina dengan insan pers menyebabkan arus informasi baik menyangkut perbaikan distribusi di setiap cabang, keluhan pelanggan dan program kerja PDAM bisa disampaikan kepada masyarakat luas.

Dia juga tidak menafikan bahwa pesatnya kemajuan dan perkembangan manajemen perusahaan dikarenakan andil media cetak yang dibangun atas kemitraan oleh PDAM. Sehingga aktifitas pekerjaan sehari-hari dalam melayani pelanggan air bersih dan air minum di Sumut dapat terlaksana dengan baik.

Amrun juga memamparkan sejarah berdirinya perusahaan kepada mahasiswa Fisipol dan keberhasilan yang telah dicapai selama ini. Sesuai program MDGs jangka pendek PDAM hingga Tahun 2015 ditargetkan cakupan pencapaian air mencapai 80 persen pelanggan di kota Medan dan kebutuhan 444 ribu lebih pelanggan di Sumut.

Sementara hasil audit BPKP Sumut menyebutkan, hingga Desember 2013 ini pencapaian cakupan sudah berkisar 72,8 persen. Sehingga selama kurun waktu dua tahun kedepan target tersebut akan tercapai karena saat ini IPA Sunggal berkapasitas 500 liter/detik sedang dikerjakan dan diharapkan dalam waktu dekat ini akan selesai dan bisa beroperasi.

Sementara Dekan Fisipol Abdul Kadir mengatakan, pertemuan studi field trip mahasiswa ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena menjadi masukan sebagai referensi pengehuan. Melalui kegiatan ini diharapkan adanya kerjasama yang baik baik UMA selaku perguruan tinggi dan PDAM Tirtanadi yang merupakan perusahaan jasa pelayanan air.

“Kita juga salut atas kinerja PR PDAM dalam menyajikan informasi berita akurat kepada publik. Hal ini dibuktikan dari intensitas dan kecepatan memberitakan gangguan air ke pelanggan dan kerjasama yang harmonis dengan wartawan juga terbina baik,” ujarnya.

Bagi UMA dengan kunjungan ini akan menambah wawasan mahasiswa, khususnya di fakultas yang kini telah memiliki laboratorium komunikasi dan informasi yang bisa menjadikan mahasiswa sebagai jurnalis, master of ceremonial (MC), kameramen dan sebagainya.

Rombongan mahasiswa juga merasa kagum atas kinerja yang diperlihatkan PDAM selama ini karena mampu mengatasi berbagai persoalan menyakut ketersediaan air bersih, pengolahan air limbah yang  jumlah pelanggannya terus meningkat.Kedepan PDAM diharapkan tetap eksis memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat yang membutuhkan air bersih. (BS-001)

Tag: