Peristiwa

Fakta Mencengangkan Peredaran Narkoba di Indonesia


Fakta Mencengangkan Peredaran Narkoba di Indonesia
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Mungkin selama ini Anda mengira jika peredaran narkoba di Indonesia dikendalikan dari sebuah gedung dengan peralatan canggih seperti yang ada di film-film? Jika itu dugaan Anda, berarti Anda salah. Pasalnya, di Indonesia ditemukan fakta yang mencengangkan terkait peredaran narkoba. 
 
Menurut Direktur IV Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Mabes Polri, Brigjen Pol Eko Danianto, peredaran narkoba di Indonesia, 90 persennya dikendalikan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).
 
"Peredarannya (narkoba), 90 persennya itu dari Lapas. Ada beberapa Lapas yang menjadi lokasi pengendalian peredaran narkoba itu," ungkap mantan Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya didampingi Direktur Reserse Narkoba Polda Sumut, Kombes Pol Edi Iswanto dan Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting di acara konfrensi pers tangkapan 34 sabu dan 70.000 butir ekstasi di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polda Sumut, Jalan KH Wahid Hasyim, Medan, Senin (06/03/2017).
 
Eko menyebtukan, Lapas terbesar sebagai pengendalian narkoba itu, sebut Eko, adalah Lapas Cipinang, termasuk juga Lapas Tanjung Gusta Medan."Ada beberapa Lapas, misalnya Cipinang. Lapas Salemba, di Aceh dan Tanjung Gusta," sebutnya.
 
Ditanya wartawan, kenapa hal itu bisa terdeteksi Polri, sementara untuk masuk ke area Lapas bukanlah hal yang gampang?Menjawab itu, perwira tinggi yang mengaku sempat menjadi anggota Komjen Pol Budi Waseso (Buwas) di Badan Narkotika Nasional (BNN) tersebut, tidak menjawab spesifik. "Itulah hebatnya Polisi," jawabnya singkat.
 
Intinya, lanjut Eko lagi, Polri sudah menabuh perang terhadap narkoba. Semua bentuk peredaran akan disikat habis sesuai instruksi Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. 
 
"Sesuai instruksi Kapolri, narkoba harus diberantas habis. Ini musuh bersama, bukan hanya polisi, tapi semua masyarakat Indonesia. Maka dari itu, butuh peran aktif masyarakat. Sekecil apapun informasi, sebisa mungkin sampaikanlah kepada kita agar bisa ditindak. Kita tidak mau lagi kecolongan, yang melawan atau melarikan diri akan kita tindak tegas," pungkasnya. (BS04)
 

Tag:LapasMabes PolriNarkobaPoldasuSindikat Narkobaganjasabu