Peristiwa

FKDM Tobasa Gelar Pembekalan dan Deklarasi Pilkades Damai


FKDM Tobasa Gelar Pembekalan dan Deklarasi Pilkades Damai
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Bupati Tobasa diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Toba Samosir Audi Murphy Sitorus, bersama Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo SIK, Kejari Tobasa Diwakili Kasi Intelijen Gilbeth Sitindaon SH didampingi Kadis PMDP dan PA Henry Silalahi, Kabag OPS Polres Tobasa Kompol Efendi Sinaga, Ketua FKDM Tobasa Jhonny Sihombing, memberikan apresiasi kepada Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Tobasa yang menyelenggarakan Pembekalan dan Deklarasi Pilkades Damai di Aula ITDel Sitoluama, Kecamatan Laguboti.
 
Saat membuka secara resmi, Sekda Audi Murphy Sitorus sangat menginisiasi kegiatan yang dilaksanakan FKDM dan berharap para calon Kepala Desa bisa dan mampu menjadi panutan bagi masyarakat sehingga kondisifitas di daerah masing masing bisa berjalan dengan aman, tertib dan damai.
 
“Kepala desa bukanlah menjadi kerajaan (Harajaon) tapi jabatan kepala desa merupakan pelayan masyarakat untuk menjalankan pemerintahan di desa. Jika ingin dipilih, kita harus mampu menarik simpati masyarakat serta jangan mencari kesalahan orang lain,"
 
"Calon kepala desa harus mampu menunjukan prestasi kepada masyarakat. Banggalah menjadi calon kepala desa karena kita merupakan putra putri terbaik desa.” kata Audy Murphy seraya menyerukan agar seluruh  P2KD berlaku netral saat Pilkades serentak dilaksanakan," papar Audi dilansir dari laman Tobasamosirkab.go.id, Minggu (24/11/2019).
 
Senada, Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo juga menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut. AKBP Agus berharap seluruh calon kepala desa bisa menjaga kondisifitas daerah masing masing sehingga bisa aman, tentram dan tertib. Calon kepala desa harus bisa menjadi pemimpin bagi masyarakat dan jangan menjadikan pergulatan Pilkades menjadi pemecah adat istiadat.
 
“Kondisifitas harus tetap dijaga tidak boleh melakukan anarkis. Jika ada masalah yang tidak berkenan bisa disampaikan melalui aspek hukum. Kalah menang dalam sebuah mekanisme yang demokratis adalah hal yang biasa yang harus disikapi secara bijaksana," ujar Kapolres AKBP Agus.
 
Kepala Dinas PMD-PPA Tobasa Henry Silalahi menambahkan, para calon kepala desa diharapkan benar-benar mempelajari, memahami dan mentaati tata tertib yang sudah dibuat panitia, maupun ketentuan ketentuan peraturan-perundang undangan yang berlaku.
 
Kadis Henry juga menyampaikan bahwa Pilkades akan dilaksanakan pada Kamis 5 Desember 2019 mendatang, di 105 Desa, 15 Kecamatan secara serentak dan diikuti 306 kontestan. Pencoblosan dimulai pukul 7.00 Wib  dan berakhir pukul 14.00 Wib. Apabila ada warga  yang datang hendak mencoblos lewat dari Pukul 14.00 Wib, Kadis Henry dengan tegas mengatakan  tidak diperbolehkan kecuali sudah mendaftar ke Panitia dan sudah di areal TPS sebelum pukul 14.00 Wib. 
 
“Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) mencapai 63.332 orang dan adapun jumlah Calon Kepala Desa (Cakades) dalam Pilkades gelombang tiga ini sebanyak 306 orang,” sebut Henry Silalahi.
 
Sebelumnya Ketua FKDM Tobasa Drs Jhonny Sihombing dalam laporanya menyampaikan ada 3 rangkain kegiatan yang akan dilakukan seperti pembekalan para calon kepala desa dan penyelenggara Pilkades, deklarasi pilkades damai serta doa pemberangkatan para cakades yang dipandu oleh rohaniawan Pdt Bangun Aruan MTh dari STT HKBP Nomensen.
 
Kegiatan pembekalan dan deklarasi pilkades damai melibatkab 306 calon kepala desa dari 15 Kecamatan, 105 Pjs kepala desa, 105 orang Panitia penyelenggara pilkades,  unsur muspika 28 orang dan 20 orang para tamu undangan. Total keselurahan  peserta menjadi 577 orang.(BS09)
 

Tag:PilkadapilkadesTobasa