Selasa, 19 November 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Evaluasi Nasional Penyelenggaraan Kesehatan Haji, Menag Minta Sosialisasi Isthithaah Lebih Masif

Evaluasi Nasional Penyelenggaraan Kesehatan Haji, Menag Minta Sosialisasi Isthithaah Lebih Masif

Sabtu, 28 September 2019 18:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin hadir pada Evaluasi Nasional Penyelenggaraan Kesehatan Haji 1440H/2019M, di Jakarta. Menag menilai, persoalan isthithaah kesehatan dalam ibadah haji harus menjadi perhatian bersama. Tantangannya adalah mensosialisasikan hal ini kepada jemaah. 
 
"Isthithaah kesehatan menjadi faktor penting dalam pelaksanaan ibadah haji. Tentu selain isthithaah materi dan kesempatan," ungkap Menag dilansir dari Kemenag.go.id, Sabtu (28/09/2019). Hadir Menteri Kesehatan Nila Faried Moeloek, Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam, serta pejabat eselon I dan II Kementerian Kesehatan.
 
Menag menjelaskan, haji adalah ibadah dalam rangkaian. Tidak ada rangkaian ibadah yang lebih panjang dari ibadah haji. Dari sisi waktu, memakan waktu yang lama. Dari sisi kesehatan, diperlukan kesiapan fisik yang cukup. Thawaf, misalnya, jika padat dan mengambil putaran terluar, jaraknya menjadi 3,5 Km. Sa'i, mempunyai jarak tempuh 3,15Km. 
 
Perjalanan Mina - Jamarat berjarak 6 Km pulang pergi dari titik tenda misi haji. Jarak tempuh tersebut bisa menjadi 12Km untuk titik terjauh seperti jemaah yang berada di Mina Jadid. "Di sinilah pentingnya memiliki kesehatan fisik bagi jemaah," kata Menag. 
 
Oleh karenanya, Menag berharap, pelayanan kesehatan kepada jemaah haji yg dilakukan sejak di Tanah Air dilakukan lebih masif. Selain itu, Menag juga berharap, tolok ukur jemaah haji dapat dikatakan isthithaah secara kesehatan terus disosialisasikan. "Sehingga publik dapat informasi lebih komprehensif," harap Menag. 
 
Tidak luput, Menag menyampaikan apresiasi setinggi tingginya kepada seluruh petugas haji dalam bidang kesehatan atas komitmen dan dedikasinya terhadap jemaah haji. "Semoga tahun depan pelayanan haji kita akan terus semakin baik," tandas Menag. (BS09)
T#g:Evaluasi HajiKesehatan HajiLukman SaifuddinMenag RISosialisasi Isthithaah
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 6 hari lalu

    Wamenag Zainud Tauhid Harap Polemik Ucapan Salam Dihentikan

    Beritasumut,com-Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi berharap, semua pihak menghentikan perdebatan masalah ucapan salam. Wamenag

  • 2 minggu lalu

    Kemenag Tarik Peredaran Buku Aqidah Akhlak Terbitan Gema Nusa

    Beritasumut.com-Buku Kerja Siswa (BKS) “An-Najah” untuk siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah, Mata Pelajaran Aqidah Akhlak, terbitan CV.

  • 3 minggu lalu

    Kemenag RI Bahas Penanganan Kasus Haji Khusus

    Beritasumut.com-Ada saja persoalan atau kasus yang terjadi dalam penyelenggaraan ibadah haji khusus. Hal ini meniscayakan pengawasan yang fokus dan

  • 3 minggu lalu

    Grand Final Kompetisi Robotik Madrasah 2019, 150 Tim Lolos Seleksi

    Beritasumut.com-Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah telah menyelesaikan seleksi pendaftar Kompetisi Robotik Madra

  • 4 minggu lalu

    Sambut Kehadiran Wamenag Zainut Tauhid, Fachrul Razi: Siapapun Yang Datang, Kita Berbagi Tugas

    Beritasumut.com-Presiden Joko Widodo telah melantik 12 wakil menteri di Istana Merdeka, Jumat (25/10/2019) siang pukul 14.00 WIB. Salah satu posisi

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.