Kamis, 23 Mei 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Edy Ajak Masyarakat Jawa Bangkitkan Tradisi Guyub Rukun

Edy Ajak Masyarakat Jawa Bangkitkan Tradisi Guyub Rukun

Kamis, 21 Juni 2018 23:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com-Calon Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengaku prihatin bahwa masyarakat etnis Jawa di Sumatera Utara (Sumut) hanya menjadi objek dan dicari-cari hanya saat adanya pesta demokrasi seperti halnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Usai Pilkada, masyarakat etnis Jawa kerap terlupakan dan cendrung kurang mendapat perhatian dari oknum telah mendapat keuntungan saat Pilkada tersebut. 
 
"Inilah yang harus kita rubah. Sederek, Sedoyo saya ini laris manis hanya saat Pilkada. Tapi setelahnya, malah tak dianggap dan terabaikan," ujar Edy saat menghadiri Halal Bi Halal Keluarga Besar Pujakesuma di Kediaman Hj Rukmawati, Jalan Garu 2A, Komplek Perumahan Harjosari 1, Medan Amplas Rabu (20/6/2018).
 
Dalam kesempatan tersebut Edy mengingatkan perlunya masyarakat etnis Jawa bersatu untuk mengembangakan adat istiadat serta membangkitkan kembali nilai-nilai gotong royong, guyub rukun di dalam masyarakat terutama di daerah perkotaan. 
 
Edy pun membayangkan jika semangat guyub bisa diterapkan maka akan mampu meringankan beban dan persoalan kesenjangan sosial di tengah-tengah masyarakat. Dan yang paling utama bagaimana menunjukan peran serta dan kekompakan masyarakat etnis Jawa sebagai salah satu etnis terbesar di Sumut. 
 
"Di Langkat saya temukan ada namanya Mbok Minah sudah tua hidupnya memprihatinkan, makan hanya dengan daun ubi saja. Saya yakin di Sumut ini banyak mbok Minah-mbok Minah lainnya. Kenapa ini terjadi karena guyub ini sudah hilang. Makanya semangat gotong royong dan saling peduli antar sesama harus dibangkitkan," ujar Edy. 
 
Selain tidak melupakan adat istiadat dan tradisi, Edy pun mengingatkan bahwa keberadaan masyarakat Etnis Jawa di Sumut harus memberi manfaat untuk daerah tempat dirinya berada. 
 
"Orang Jawa itu punya jati diri. Dan sebagai orang Jawa di Sumut kita harus berguna untuk daerah ini. Kita lahir, hidup dan mencari makan di sini tentu kita juga harus merasa memiliki Sumut ini. Sumut ini harus kita jaga. Jangan kita rusak hanya karena orang yang baru ke Sumut," tegas Edy.
 
Selain keluarga Besar Pujakesuma, tampak hadir dalam acara tersebut Laskar Joko Tingkir yang terlihat setia mendampingi Edy Rahmayadi. Selain itu juga Calon Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah 'Ijeck' terlihat hadir usai Edy Rahmayadi selesai membawakan tiga lagu dan hendak berpamitan meningalkan lokasi acara.(BS03)
T#g:Edy RahmayadiPilgubsuPilkadaPujakesuma
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Usai Dilantik Jadi Bupati dan Wakil Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan-Yusuf Siregar Gelar Syukuran

    Beritasumut.com-Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan dan Wakil Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar menggelar acara syukuran atas dilantik kedua

  • satu bulan lalu

    Unimed Himpun Ratusan Peserta di Perlombaan Desain Ornamen Melayu

    Beritasumut.com–Universitas Negeri Medan (Unimed) mendukung pengembangan desain ornamen Melayu melalui “Lomba Desain Kreasi Ornamen Mel

  • satu bulan lalu

    Dinilai Tak Sah, DPD Pujakesuma Kota Medan Minta DPW Pujakesuma Sumut Cabut SK Tandingan

    Beritasumut.com-Pengurus Pujakesuma wilayah (DPW Pujakesuma) Sumut disomasi oleh pengurus sah DPD Pujakesuma Kota Medan. Somasi dilakukan karena Pe

  • satu bulan lalu

    Buka Musrenbang 2020 Tingkat Provinsi, Gubernur Sumut Minta Perencanaan Tidak Asal Lewat

    Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi membuka acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2020 di Hotel Santika D

  • satu bulan lalu

    Lantik 14 DPC Pujakesuma, Ketua DPD Pujakesuma: Lestarikan Budaya Jawa Kewajiban Orang Jawa

    Beritasumut.com-Sebanyak 14 pengurus DPC Pujakesuma se-Kecamatan Kota Medan dilantik Ketua DPD Pujakesuma Hartono Ewadi SE SH di Hotel Putra Mulia

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.