Minggu, 18 Agustus 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Edy Ajak Masyarakat Jawa Bangkitkan Tradisi Guyub Rukun

Edy Ajak Masyarakat Jawa Bangkitkan Tradisi Guyub Rukun

Kamis, 21 Juni 2018 23:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com-Calon Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengaku prihatin bahwa masyarakat etnis Jawa di Sumatera Utara (Sumut) hanya menjadi objek dan dicari-cari hanya saat adanya pesta demokrasi seperti halnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Usai Pilkada, masyarakat etnis Jawa kerap terlupakan dan cendrung kurang mendapat perhatian dari oknum telah mendapat keuntungan saat Pilkada tersebut. 
 
"Inilah yang harus kita rubah. Sederek, Sedoyo saya ini laris manis hanya saat Pilkada. Tapi setelahnya, malah tak dianggap dan terabaikan," ujar Edy saat menghadiri Halal Bi Halal Keluarga Besar Pujakesuma di Kediaman Hj Rukmawati, Jalan Garu 2A, Komplek Perumahan Harjosari 1, Medan Amplas Rabu (20/6/2018).
 
Dalam kesempatan tersebut Edy mengingatkan perlunya masyarakat etnis Jawa bersatu untuk mengembangakan adat istiadat serta membangkitkan kembali nilai-nilai gotong royong, guyub rukun di dalam masyarakat terutama di daerah perkotaan. 
 
Edy pun membayangkan jika semangat guyub bisa diterapkan maka akan mampu meringankan beban dan persoalan kesenjangan sosial di tengah-tengah masyarakat. Dan yang paling utama bagaimana menunjukan peran serta dan kekompakan masyarakat etnis Jawa sebagai salah satu etnis terbesar di Sumut. 
 
"Di Langkat saya temukan ada namanya Mbok Minah sudah tua hidupnya memprihatinkan, makan hanya dengan daun ubi saja. Saya yakin di Sumut ini banyak mbok Minah-mbok Minah lainnya. Kenapa ini terjadi karena guyub ini sudah hilang. Makanya semangat gotong royong dan saling peduli antar sesama harus dibangkitkan," ujar Edy. 
 
Selain tidak melupakan adat istiadat dan tradisi, Edy pun mengingatkan bahwa keberadaan masyarakat Etnis Jawa di Sumut harus memberi manfaat untuk daerah tempat dirinya berada. 
 
"Orang Jawa itu punya jati diri. Dan sebagai orang Jawa di Sumut kita harus berguna untuk daerah ini. Kita lahir, hidup dan mencari makan di sini tentu kita juga harus merasa memiliki Sumut ini. Sumut ini harus kita jaga. Jangan kita rusak hanya karena orang yang baru ke Sumut," tegas Edy.
 
Selain keluarga Besar Pujakesuma, tampak hadir dalam acara tersebut Laskar Joko Tingkir yang terlihat setia mendampingi Edy Rahmayadi. Selain itu juga Calon Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah 'Ijeck' terlihat hadir usai Edy Rahmayadi selesai membawakan tiga lagu dan hendak berpamitan meningalkan lokasi acara.(BS03)
T#g:Edy RahmayadiPilgubsuPilkadaPujakesuma
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Kerukunan Puak Batak Bersaudara Gambaran Persatuan di Sumut

    Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi sangat mengapresiasi deklarasi Kerukunan Puak Batak Bersaudara di Hotel Grand Antares

  • 2 minggu lalu

    Pilkada Medan 2020, Walikota Medan yang Baru Harus Perhatikan Pendidikan Anak Nelayan

    Beritasumut.com-Pilkada Medan kerap hanya menghasilkan penguasa yang alpa. Janji-janji yang terucap saat kampanye tak pernah dijadikan pemicu untuk

  • 2 minggu lalu

    Kemendagri Tampung Kajian Perbaikan Regulasi Pilkada Serentak dari Berbagai Daerah

    Beritasumut.com-Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Ditjen Otda) saat ini tengah melakukan roadshow ke berbagai daerah untuk mendapatkan masukan te

  • 2 minggu lalu

    Sebanyak 13 Pejabat Eselon III Dilantik Gubernur Sumut

    Beritasumut.com–Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik 13 Pejabat Administrator (Eselon III) di lingkungan Organisasi Perangk

  • 2 minggu lalu

    Edy Rahmayadi: Sumut Butuh 15.000 Unit Rumah Subsidi

    Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengatakan bahwa Sumut membutuhkan banyak dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Peruma

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.