Peristiwa

E-Tilang Sudah Berlaku di Medan, Pelanggar Tinggal Bayar Denda ke Bank


E-Tilang Sudah Berlaku di Medan, Pelanggar Tinggal Bayar Denda ke Bank
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI
Beritasumut.com-Guna mempermudah masyarakat dalam urusan pembayaran denda tilang karena melakukan pelanggaran saat berkendara, Satuan Unit Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Medan telah melakukan sistem tilang elektronik atau E-Tilang.“Sudah kita terapkan kok. Sebelum saya menjabat E-Tilang sudah berjalan,” ujar Kasat Lantas Polrestabes Medan, AKBP Juliani Prihartini, Jumat (14/09/2018).
 
Lebih jauh AKBP Juliani menjelaskan, penerapan E-Tilang dilakukan anggota Satlantas Polrestabes Medan melalui smartphone berbasis Android. Aplikasi E-Tilang dapat didownload oleh setiap pengguna smartphone berbasis Android.“Setiap pengguna kendaraan yang melanggar peraturan lalu lintas akan didata petugas melalui E-Tilang, petugas akan menahan surat-surat kendaraan seperti STNK ataupun SIM,” terangnya.
 
Dalam sistem E-Tilang, lanjut AKBP Juliani, akan muncul pelanggaran apa saja yang dilanggar pengendara, termasuk juga pasalnya. Pelanggar bisa langsung membayarnya ke ATM BRI atau Bank Sumut.
 
“Setelah pelanggar membayar denda ke ATM, pelanggar bisa mengambil kembali surat-surat yang ditahan oleh petugas seperti STNK dan SIM.Sistem ini terus kami sosialisasikan dengan jajaran Polri dan juga masyarakat. Apalagi anggota kita masih ada yang belum menggunakan Android. Ya, perlahan-lahan akan dilaksanakan,” pungkas mantan Kapolsek Medan Timur ini.(BS04)
 

Tag:BankE-TilangE TilangPoliisiRaziaTilang