Kamis, 14 November 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Dzulmi Eldin Terjaring OTT KPK, Tokoh Masyarakat Prihatin

Dzulmi Eldin Terjaring OTT KPK, Tokoh Masyarakat Prihatin

Jumat, 18 Oktober 2019 15:24:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Medan, Sumatera Utara pada Selasa-Rabu, 15-16 Oktober 2019. Dalam tangkap tangan ini, KPK mengamankan lima orang.
 
Dari lima orang tersebut, KPK menetapkan tiga orang sebagai tersangka: IAN (Kepala Dinas PUPR Kota Medan), TDE (Walikota Medan 2014-2015 dan 2016-2021), dan SFI (Kepala Bagian Protokoler Kota Medan).
 
TDE diduga menerima sejumlah uang dari IAN dan SFI terkait dengan proyek dan jabatan. Selain menerima uang setiap bulan dari IAN, TDE diduga menerima uang dari beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah. Salah satu penggunaan uang-uang dari SKPD tersebut adalah untuk melunasi tagihan agen travel atas perjalanan TDE dan keluarganya ke Jepang.
 
Pada bulan Juli 2019 TDE melakukan perjalanan dinas ke Jepang didampingi beberapa kepala dinas di lingkungan Pemerintah Kota Medan. Perjalanan dinas ini dalam rangka kerjasama sister city antara Kota Medan dan Kota Ichikawa di Jepang.
 
Dalam perjalanan dinas tersebut, di luar rombongan Pemerintah Kota Medan, TDE mengajak serta istri, 2 (dua) orang anak, dan beberapa orang lainnya yang tidak berkepentingan. Keluarga TDE bahkan memperpanjang waktu tinggal di Jepang selama 3 (tiga) hari di luar waktu perjalanan dinas. Akibat keikutsertaan pihak-pihak yang tidak berkepentingan, terdapat pengeluaran perjalanan dinas Walikota yang tidak dapat dipertanggungjawabkan dan tidak bisa dibayarkan dengan dana APBD. 
 
Atas perbuatannya, TDE dan SFI yang diduga sebagai penerima, disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP; juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.
 
Satu tersangka lain, IAN, diduga sebagai pemberi, disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.
 
Menanggapi hal ini, tokoh masyarakat Kota Medan Arman Chandra mengaku prihatin. Ia berharap Walikota Medan TDE (Tengku Dzulmi Eldin) bisa melalui proses demi proses hukum dengan sabar. Ia juga berharap proses penegakan hukum yang dilakukan berlangsung objektif.
 
"Tentunya saya prihatin dengan hal ini, mengingat sudah banyak yang beliau lakukan untuk Kota Medan. Saya juga berharap masyarakat tidak langsung melakukan punishment atau adjusment yang bisa berakses buruk pada kinerja di Pemko Medan maupun pelayanan kepada masyarakat Kota Medan. Mari kita tunggu prosesnya, dan tetap mengedepankan azas praduga tak bersalah," ungkapnya.(BS10)
T#g:Arman ChandraOTT KPKOTT Walikota Medan
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 5 hari lalu

    Plt Wali Kota Medan Terima Penghargaan Bukit Barisan

    Beritasumut.com-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi, menerima Penghargaan Bukit Barisan, Jumat (08/11/2019) malam, di B

  • 5 hari lalu

    Peduli dan Berintegritas, Arman Chandra Diberikan Plakat dan Penghargaan Pada Malam Penghargaan Kodam I/BB

    Beritasumut.com-Tokoh masyarakat dan pengusaha Arman Chandra menerima plakat dan piagam penghargaan dari Pangdam I Bukit Barisan (BB) Panglima Koda

  • satu minggu lalu

    Plt Walikota Medan Meninjau Rumah Briket di Kelurahan Harjo Sari

    Beritasumut.com-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi didampingi Wakil Ketua TP PKK Kota Medan Ny Nurul Khairani Lubis men

  • 2 minggu lalu

    Plt Walikota Medan Buka Perhelatan Gemes 2019

    Beritasumut.com-Plt Wali Kota Buka Perhelatan Gemes 2019 Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi membuka Gelar Melayu Serum

  • 2 minggu lalu

    Amelia Salim Siap Implementasikan Nilai-Nilai Kebangsaan Demi Persatuan Indonesia

    Beritasumut.com-Pengusaha sukses asal Surabaya, Amelia Salim, mengaku mendapatkan banyak hal setelah mengikuti Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan ba

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.