Peristiwa

Dukung Satu Data Indonesia, ASN Kemenag Karo Laksanakan Sensus Penduduk Online


Dukung Satu Data Indonesia, ASN Kemenag Karo Laksanakan Sensus Penduduk Online
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Dalam rangka menyukseskan program Satu Data Indonesia, Aparat Sipil Negara (ASN) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Karo bekerjasama dengan Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Karo menggelar acara Sosialisasi Sensus Penduduk Online Tahun 2020. Acara diadakan di Aula H Sulaiman Tarigan dan dihadiri lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Karo, awal pekan ini.
 
Dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Karo, diwakili Kepala Subbag Tata Usaha Drs H Adi Sungkono MA, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada BPS yang melakukan Program Nasional sosialisasi Sensus Penduduk Online. "Sehingga ASN Kankemenag Karo dapat mengetahui tata cara dan tehnis pengisian sensus tahun 2020 yang dilakukan secara online," ujarnya dilansir dari Sumut.kemenag.go.id, Selasa (03/03/2020).
 
Untuk sensus mandiri, sambungnya, kata sandi dan password yang telah dibuat. Untuk sukses program dimaksud, BPS mengajak kerjasama semua instansi termasuk Kemenag. Petugas dari BPS bukan hanya akan memberikan penjelasan, melainkan juga akan memberikan pendampingan dalam pengerjaannya.
 
Kepala BPS Karo, Yustinus Sembiring mengatakan, bahwa masyarakat bisa melaksanakan sensus secara mandiri melalui laman sensus.bps.go.id. "ASN antusias mengisi data secara online, ASN cukup menyiapkan kartu keluarga dan surat nikah bagi yang sudah menikah, setelah itu membuka laman dan mengisi nomor NIK dan KK serta memasukkan seluruh anggota keluarga dengan menjawab seluruh pertanyaan secara benar dan selanjutnya dikirim untuk terdaftar pada database BPS," paparnya.
 
Dia menambahkan, ASN juga diarahkan untuk mengunduh bukti pengisian data dan dapat dicetak sebagai bukti telah melakukan sensus. Karenanya, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Karo mengharapkan dukungan dari Kantor Kemenag Karo beserta jajarannya untuk membantu mensukseskan pelaksanaan Sensus Penduduk tahun 2020 secara online. "Serta dapat membantu untuk mensosialisasikannya kepada masyarakat di lingkungan kerjanya," pungkasnya. (BS09)
 

Tag:Karosensus pendudukSensus Penduduk Online