Peristiwa

Dukung BPS Online, Plt Wali Kota Inginkan Data Penduduk yang Valid


Dukung BPS Online, Plt Wali Kota Inginkan Data Penduduk yang Valid
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi, mendukung pendataan penduduk secara dalam jaringan (online) yang akan dilakukan BPS Medan mulai 15 Februari - 31 Maret 2020.
 
Dukungan ini disampaikannya saat menerima audiensi Kepala BPS Medan, di Rumah Dinas Wali Kota Medan, dilansir dari Pemkomedan.go.id, Kamis (23/01/2020). Turut mendampingi Plt Wali Kota Kadis Kominfo, Zain Noval SSTP MAP, Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Drs Zulkarnain Lubis, dan Kabag Tapem Ridho Nasution.
 
Sebelumnya dalam pertemuan itu, Kepala BPS Dra Enny Nuryani Nasution menyampaikan, pendataan secara dalam jaringan ini mengharapkan kemandirian warga Medan untuk mengisi data melalui situs sensus.bps.go.id. "Kami mengharapkan Pak Wali dapat mengimbau warga melalui camat, lurah, dan kepala lingkungan untuk dapat mengisi data secara mandiri dan benar," harap Enny.
 
Enny juga menerangkan, dengan pendataan ini akan diketahui jumlah, komposisi, karakter, dan distribusi penduduk di Medan. "Setelah pendataan secara online, pada 1 sampai 31 Juli BPS juga akan kembali melakukan sensus secara door to door," ucapnya.
 
Menanggapi ini, Plt Wali Kota Medan mengatakan, Pemko Medan mendukung pendataan ini agar Medan benar-benar menpunyai data kependudukan yang valid. Plt Wali Kota Medan mengharapkan, pendataan secara dalam jaringan ini juga disempurnakan dengan pendataan secara langsung dengan cara mewawancari warga door to door. "Dengan demikian kita harapkan data yang dihasilkan memang valid dan terpercaya," ucapnya.
 
Plt Wali Kota Medan juga menyarankan agar BPS Medan juga memarakkan sosialisasi pendataan penduduk ini. "Kurangi penggunaan spanduk, namun perbanyak poster maupun stiker digital yang disebarluaskan melalui medsos," ucapnya. Selain itu, Plt Wali Kota Medan memenuhi permintaan BPS Medan untuk meluncurkan pendataan secara online pada 17 Februari mendatang. (BS09)

Tag:Akhyar NasutionBPS MedanBPS OnlinePemko Medan