Peristiwa

Dubes Kanada Tawarkan Kerjasama dengan Pemko Medan di Bidang Infrastruktur dan Pendidikan


Dubes Kanada Tawarkan Kerjasama dengan Pemko Medan di Bidang Infrastruktur dan Pendidikan
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Wali Kota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin SMSi MH dihadiri Wakil Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Kanada Peter Mac Arthur di Balai Kota, Selasa (25/06/2019). 
 
Dalam kesempatan tersebut, Dubes Kanada menawarkan program kerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemko) Medan dalam hal penataan kota yang lebih berkembang dan maju."Kunjungan ini kami lakukan untuk mengetahui peluang kerjasama yang dapat dilakukan di Kota Medan. Artinya kami akan membawa investor asal Kanada untuk berinvestasi membangun Kota Medan salah satunya di bidang infrastruktur dan pendidikan," kata Dubes Kanada.
 
Menurutnya, Kota Medan merupakan salah satu kota yang berkembang di Indonesia, sehingga pihaknya berkeinginan bekerjasama dan ikut dalam mengembangkan Kota. Kerjasama ini juga telah dilakukan dengan kota-kota besar di Indonesia."Kedutaan Besar Kanada memiliki hubungan erat dengan Bappenas untuk memberikan kerjasama di Indonesia. Selain itu juga dengan Kementerian Keuangan menjalin kerjasama dalam bentuk Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Untuk itu, kami berharap program kerjasama ini dapat dilakukan di Kota Medan," jelasnya.
 
Sementara itu, Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution menyambut baik tawaran kerjasama yang ditawarkan Negara Kanada untuk Kota Medan. Apalagi saat ini Pemko Medan terus membuka diri kepada setiap Investor yang berkeinginan untuk berinvestasi dalam membangun Kota.Akhyar menjelaskan, ajakan kerjasama yang dilayangkan oleh Peter Mac Arhut adalah pertanda baik bagi Pemko Medan. Sebab Kota Medan berkomitmen menjadi Kota Dunia tentunya membutuhkan pengakuan dari negara maju di dunia. Meski demikian, penjajakan kerjasama ini akan dipilah untuk ditawarkan ke Dubes Kanada.
 
"Kota Medan membutuhkan investor di bidang Infrastruktur, khususnya dalam pengelolaan sampah menjadi energi. Sebab sudah banyak investor yang berminat tetapi sampai dengan saat ini belum terealisasi.Untuk itu kami berharap Kanada dapat mereali-sasikannya sehingga sampah yang di konversi menjadi energi ini dapat menciptakan lingkungan yang bersih di Ibu Kota Provinsi Sumut," jelas Wakil Wali Kota.
 
Akhyar menambahkan, Pemko Medan juga telah bekerja dengan Pemerintah Pusat dalam hal ini Bappenas dan Kementerian Keuangan dalam pembangunan RS dr Pirngadi melalui Program kerjasama KPBU dengan nilai investasi sebesar 600 Milyar.(BS09)
 

Tag:Dubes KanadainfrastrukturPemko MedanPendidikan