Peristiwa

Dua Titik Panas Terpantau BKMG di Madina


Dua Titik Panas Terpantau BKMG di Madina
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali menemukan adanya titik panas (hotspot) di wilayah Sumatera Utara (Sumut). Kali ini, titik panas tersebut tepatnya terpantau di wilayah Kabupaten Mandailing Natal (Madina).
 
Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Syahnan menyampaikan, pihaknya mendeteksi di Kabupaten tersebut setidaknya ada dua titik panas yang di temukan. Adapun, sesuai hasil pantauan Sensor MODIS (Satelit Terra dan Aqua) tingkat kepercayaannya berada diatas 50 persen. "Kedua titik panas ini terlihat di Kecamatan Muara Batang Gadis, Madina, dengan kepercayaan 51-60%," ungkapnya kepada wartawan, Selasa (26/02/2019).
 
Lebih rinci Syahnan menjelaskan, berdasarkan lokasi episenternya, titik panas yang pertama berada di Bujur 98.9069 dan Lintang 1.2655. Sedangkan titik panas yang kedua, berada di lokasi episenter Bujur 98.8866 dan Lintang 1.2786. "Jadi, letak kedua (hotspot)nya tidak terlalu berjauhan," bebernya.
 
Sementara itu, tambah Syahnan, berdasarkan peta sebaran titik panas di wilayah Jawa, Sumatera dan Kalimantan terdapat sebanyak 46 titik panas. Jumlah terbesar ujar dia ialah, berada di Pulau Sumatera, dengan 25 titik. "Tepatnya berada di wilayah Pekanbaru dan Kepulauan Riau. Adapun, sebanyak 12 titik panas memiliki tingkat kepercayaannya 81-100%, 3 titik panas 71-80%, 6 titik panas 61-70%, serta 2 itik panas dengan kepercayaan 51-60%" pungkasnya. (BS04)

Tag:BMKGCuaca SumutHotspotMadinatitik panas