Sabtu, 25 Januari 2020
  • Home
  • Peristiwa
  • Dua Bulan Tak Gajian, Buruh Produsen Air Mineral Merk Indodes Demo ke Kantor Bupati

Dua Bulan Tak Gajian, Buruh Produsen Air Mineral Merk Indodes Demo ke Kantor Bupati

Selasa, 06 September 2016 23:25:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS05
Puluhan buruh PT Tirta Sari Sumber Murni, perusahaan produksi air mineral merk Indodes berdemo di Kantor Bupati Deli Serdang.
Beritasumut.com-Meski telah melakukan aksi mogok kerja sejak sebulan lalu dan bahkan tiga hari belakangan puluhan buruh PT Tirta Sari Sumber Murni memilih menginap di depan perusahaan produksi air mineral merk Indodes yang beroperasi di Jalan Industri Tanjung Morawa, namun pihak perusahaan belum juga membayarkan tunggakan gaji buruh selama dua bulan.
 
Mirisnya, meskipun perusahaan sudah menandatangani persetujuan bersama pada Kamis (25/8/2016) perusahaan membayar upah buruh setiap tanggal 20 bulan berikutnya. Namun meskipun persetujuan bersama itu dibubuhi tandatangan di atas materai Rp 6.000 namun pihak perusahaan tetap saja membandel tak mau membayar upah buruh. 
 
Akibat merasa dilecehkan oleh perusahaan, puluhan buruh memilih mengadukan nasibnya ke Pemkab Deli Serdang dengan melakukan aksi demo ke kantor Bupati Deli Serdang, Selasa (6/9/2016).
 
"Pihak perusahaan telah merekrut dan mempekerjakan serta mengganti para pekerja yang melaksanakan aksi mogok melalui perusahaan jasa PT Hawa Mas yang berhubungan dengan proses produksi. Diminta kepada pimpinan perusahaan untuk mengembalikan para pekerja tersebut kepada perusahaan jasa dikarenakan tidak sesuai dengan isi persetujuan kerja sama yang telah disepakati," jelas kordinator aksi, Halawa.
 
Selama berorasi setengah jam, puluhan buruh dikawal ketat oleh Polres Deli Serdang maupun dari Satpol PP Deli Serdang. Usai berorasi, perwakilan buruh pun diterima oleh perwakilan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Deli Serdang yang berjanji akan membantu menyelesaikan permasalahan buruh dengan perusahaan. Usai pertemuan itu, puluhan buruh meninggalkan kantor Bupati Deli Serdang.(BS05)
 
T#g:
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.