Sabtu, 21 September 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Dispora Latih 50 Pemuda Sumut di Bidang Kewirausahaan

Dispora Latih 50 Pemuda Sumut di Bidang Kewirausahaan

Kamis, 09 Juli 2015 09:50:00
BAGIKAN:
Istimewa
Kadispora Sumut H Baharuddin Siagian SH MSi.
Beritasumut.com - Pelatihan kewirausahaan pemuda merupakan salah satu dimensi penting dalam membentuk jiwa kewirausahaan pemuda Indonesia, khususnya di Sumatera Utara (Sumut) disamping jiwa kepemimpinan dan kepeloporan.

Ungkapan tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumut H Baharuddin Siagian SH MSi saat membuka Pelatihan Kewirausahaan Pemuda di Medan, Selasa (7/7/2015) kemarin.

Disebutkannya, dengan kata lain, jiwa dan semangat kewirausahaan pemuda perlu terus dikembangkan untuk diimplementasikan guna mendorong kemandirian pemuda di bidang ekonomi, mengingat tingkat pengangguran di Indonesia saat ini masih cukup tinggi. 

"Untuk itu diharapkan saudara-saudara yang hadir mampu menjadi pionir untuk mengembangkan sikap kewirausahaan di daerah masing-masing," ujanya.

Sikap tersebut penting untuk digelorakan mengingat fenomena pengangguran dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan karena terbatasnya lapangan pekerjaan. Juga disebabkan karena tidak sinkronnya kualifikasi lulusan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja. Namun hal tersebut juga sekaligus menjelaskan masih rendahnya tingkat jiwa kewirausahaan bagi pemuda yang dapat dihasilkan dari dunia pendidikan.

"Untuk itu, upaya Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dispora dalam rangka pengembangan kewirausahaan melalui fasilitasi pelayanan kepemudaan, baik fasilitas dalam bentuk lomba kewirausahaan pemuda pemula. Dalam bentuk peningkatan sumber daya pemuda untuk mencetak enterpreneurship," tegasnya.

Sebelumnya Asdep Kewirausahaan Pemuda Kemenpora RI Ahyani SPd mengatakan sesuai Undang-Undang RI No 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan, pemerintah berupaya melakukan pengembangan terhadap pemuda dengan melaksanakan pelatihan-pelatihan.

Saat ini angka pengangguran di Indonesia masih menonjol disebabkan masih minimnya kegiatan wirausaha di masyarakat. Menurut ketentuan yang berlaku pengangguran baru hilang apabila wirausaha di suatu negara sudah mencapai 2 persen, Indonesia sendiri saat ini baru mencapai 1,5 persen. Untuk mengantisipasi hal tersebut pemerintah mengambil kebijakan melaksanakan pelatihan-pelatihan bagi para pemuda di bidang wirausaha.

"Dengan digelarnya pelatihan-pelatihan seperti pada saat ini, para pemuda Indonesia akan termovitasi untuk melakukan wirausaha, sehingga dapat merekrut tenaga kerja, dengan demikian niscaya pengangguran di Indonesia akan semakin berkurang," ucapnya.

Ketua Panitia Seleksi Raikhana Syahbi SE dalam laporannya mengatakan tujuan kegiatan adalah untuk meningkatkan kemampuan pemuda dalam rangka menumbuhkembangkan semangat dan jiwa kewirausahaan.

Membangkitkan jiwa dan semangat pemuda untuk menjadi wirausaha baru sekaligus menciptakan lapangan kerja, untuk mengurangi angka pengangguran.

Peserta pelatihan merupakan para pemuda berusia 16 s/d 30 tahun sebanyak 50 orang, berasal dari kabupaten/kota se Sumut. (BS-030)
T#g:Dispora
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Wali Kota Medan Hadiri Kejuaraan Tinju Nasional di GOR Mini Dispora Sumut

    Beritasumut.com-Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH, menghadiri Pembukaan Kejuaraan Nasional Tinju Yunior Youth di Gelangang Olah Raga (GO

  • 3 bulan lalu

    Terkait Korupsi di Disporasu, Pekan Ini Polda Sumut Akan Gelar Perkara Penetapan Tersangka

    Beritasumut.com-Subdit III/Tipikor Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumut dalam pekan ini akan melakukan gelar perkara untu

  • 7 bulan lalu

    Periksa 30 Saksi Termasuk Kadispora Sumut, Kerugian Proyek Revitalisasi Tartan Atletik PPLP Provsu Ditaksir Hampir Rp 2 Miliar

    Beritasumut.com-Potensi kerugian negara dalam proyek revitalisasi Tartan Atletik PPLP Provsu pada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara

  • 7 bulan lalu

    Kadispora Sumut Diperiksa Poldasu, Diduga Korupsi Renovasi Lintasan Sirkuit di Jalan Pancing

    Beritasumut.com-Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Baharudin Siagian menjalani pemeriksaan di Direktorat

  • 7 bulan lalu

    Kongres Askot PSSI Kota Medan Periode 2019-2023 Digelar, Ini Kata Walikota Medan

    Beritasumut.com-Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH, melalui Wakil Walikota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi, menghadiri Kongres Askot PSSI

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.